Tangki Kilang Balongan Diisukan Keluarkan Bau sebelum Terbakar, Begini Kata Pertamina

Oktiani Endarwati ยท Senin, 05 April 2021 - 19:25:00 WIB
Tangki Kilang Balongan Diisukan Keluarkan Bau sebelum Terbakar, Begini Kata Pertamina
Api dan asap tebal membumbung ke angkasa saat Kilangan Blongan meledak dan terbakar pada Senin dini hari. (Foto: tangkapan layar video viral)

JAKARTA, iNews.id - Teka-teki penyebab kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat terbakar hingga kini belum terungkap. Namun,  warga yang tinggal di sekitar kilang sempat mencium bau yang keluar dari tangki sebelum kebakaran terjadi.

Isu tersebut mengemuka dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi VII DPR dan PT Pertamina (Persero). Anggota Komisi VII Maman Abdurrahman menanyakan isu yang beredar sebelum terjadi ledakan sudah ada komplain dari masyarakat terkait bau dari tangki. 

"Benar ngga sih bahwa ada komplain dari masyarakat sekitar? Komplain itu bisa macam-macam, bisa dari bau." ujarnya, Senin (5/4/2021).

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Djoko Priyono mengakui ada komplain dari warga yang masuk beberapa jam sebelum terjadi ledakan sekitar pukul 23.00 WIB.

"Dari komplain itu, kami lakukan tindakan jangan mendekat yang dari arah menuju kilang ditutup. Jadi tidak boleh mendekati arah situ," ujarnya.

Menurut Djoko, pada pukul 17.00 WIB atau beberapa jam sebelum kebakaran, petugas langsung memeriksa salah satu tangki yang berisi bensin RON 91.

"Biasanya sebelum kita transfer, kita lakukan cek quality terkait RON. Karena ini (untuk) Pertalite, masih ketinggian, kemudian kita tambahkan nafta untuk mencapai RON 90. Biasanya kita settling dulu 2 jam, di-mix dulu supaya merata. Ini kondisi tidak ada bau dan sebagainya," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah