Tekan Impor Pangan, Menteri Teten Dorong Petani Gabung Koperasi

Michelle Natalia ยท Minggu, 21 Maret 2021 - 11:32:00 WIB
Tekan Impor Pangan, Menteri Teten Dorong Petani Gabung Koperasi
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah mengakui banyak komoditas pangan yang diimpor mulai dari jagung hingga bawang putih. Pemberdayaan petani menjadi kunci untuk menekan impor pangan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong korporitisasi petani lewat koperasi. Para petani, kata dia, harus menciptakan atau bergabung dengan koperasi pangan modern, agar semakin kuat dan mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Korporatisasi petani mengkonsolidasikan petani perorangan yang berlahan sempit untuk tergabung dalam koperasi pangan modern sehingga tercipta komoditi rantai pasok baik untuk pasar domestik maupun ekspor," kata Teten,Minggu (21/3/2021).

Dengan koperasi, menurut Teten, petani mendapatkan kepastian pasar atas hasil produksi pertanian sekaligus mempermudah akses pembiayaan. Pasalnya selama ini pertanian, perkebunan, dan perikanan dianggap sektor yang berisiko tinggi bagi perbankan.

"Jadi jika kita sekarang membangun koperasi pangan terhubung dengan market dan rantai pasok, maka akan mendorong perbankan lebih berani membiayai sektor pangan kita," katanya.

Teten menilai, koperasi pangan modern juga bisa memperkuat kerja sama dengan startup pertanian untuk memutus mata rantai pasok yang terlalu panjang. Dengan begitu, petani bisa semakin sejahtera saat panen.

Editor : Rahmat Fiansyah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda