Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Digitalisasi Operasional Bantu E-Commerce Tumbuh Lebih Tangguh, Ini Alasannya! 
Advertisement . Scroll to see content

THR Cair, Transaksi Fesyen Muslim Melonjak 7 Kali Lipat di E-Commerce

Senin, 10 April 2023 - 19:56:00 WIB
 THR Cair, Transaksi Fesyen Muslim Melonjak 7 Kali Lipat di E-Commerce
Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak (kiri), dalam Media Gathering Tokopedia ‘Bicara Tren Belanja Online Ramadhan 2023’ di kawasan Kuningan, Senin (10/4/2023). (Foto: MPI/Dovana Hasiana)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Transaksi fesyen Muslim melonjak hingga 7 kali lipat di platform e-commerce, seiring cairnya Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran 2023

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan ramadan merupakan salah satu momentum bagi e-commerce untuk meningkatkan pendapatan. Hal itu, didukung transaksi fesyen muslim yang menjadi salah satu kategori produk paling laris. 

Menurut dia, penjualan fesyen muslim mulai dari busana hingga scraf bisa naik hingga 7 kali lipat pada dua minggu pertama Ramadhan bila dibandingkan dwimingguan biasa sepanjang kuartal I 2023. 

"Pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat dan lebih dari 7x lipat di dua minggu pertama Ramadan. Hal itu, didukung kegiatan buka bersama maupun persiapan jelang lebaran," ujar Nuraini Razak, dalam Media Gathering Tokopedia ‘Bicara Tren Belanja Online Ramadhan 2023’ di kawasan Kuningan, Senin (10/4/2023). 

Selain busana muslim keluarga, scarf wanita dan baju koko pria menjadi produk terlaris di kategori pakaian (fashion). Kategori lainnya yang mengalami peningkatan penjualan selama Ramadhan, yakni Rumah Tangga, Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, dan Otomotif. 

Hal ini, lanjutnya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia selama Ramadhan dan dalam rangka menyambut Lebaran. Seperti produk hampers atau parsel yang menjadi produk terlaris dalam kategori makanan dan minuman atau produk perawatan mobil dan produk interior mobil dalam kategori otomotif.

“Masyarakat di sisi lain tampak tengah mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat,” ujar Nuraini. 

Sementara pada kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, alumunium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue) mengalami peningkatan signifikan di dua minggu pertama Ramadan.

Terakhir, pada kategori produk Perawatan Diri, Tokopedia mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat di dua minggu pertama Ramadan.

Editor: Jeanny Aipassa

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut