Tiga Menteri Jokowi Tinjau Pembangunan Bandara Kediri Hari Ini

Muhammad Aulia ยท Sabtu, 15 Februari 2020 - 11:13 WIB
Tiga Menteri Jokowi Tinjau Pembangunan Bandara Kediri Hari Ini

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan). (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Tiga menteri Kabinet Indonesia Maju dijadwalkan meninjau rencana pembangunan Bandara Kediri, Jawa Timur, Sabtu (15/2/2020). Ketiganya yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Bandara Kediri masuk dalam daftar proyek strategis nasional (PSN). Bandara itu rencananya akan mulai dibangun pada April 2020 setelah pembebasan lahan tuntas.

Pembangunan bandara seluas 450 hektare ini akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap I, ditargetkan selesai akhir tahun ini dengan kapasitas terminal 1,5 juta penumpang per tahun.

Proyek ini menggunakan skema kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU), yang didanai seluruhnya oleh swasta, dalam hal ini PT Gudang Garam Tbk. Namun, bandara ini nantinya dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero).

Bandara ini akan difungsikan sebagai bandara domestik. Sementara internasional tetap di Bandara Juanda Surabaya. Keberadaan Bandara Kediri bakal mengurangi beban untuk rute domestik Bandara Juanda.

Keberadaan bandara ini diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian, meningkatkan jumlah wisatawan, mempermudah masyarakat sekitar untuk bepergian, hingga memberikan lapangan pekerjaan masyarakat di Kediri dan sekitarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah