Tips Buka Usaha Kuliner di Tengah Pandemi Covid-19
JAKARTA, iNews.id - Fenomena meningkatnya bisnis kuliner jadi peluang sekaligus tantangan yang dapat dimanfaatkan di masa pandemi Covid-19. Banyak karyawan yang dirumahkan, bisnis makanan menjadi alternatif untuk membuka usaha.
Bagaimana mengawali bisnis kuliner di masa pandemi? Ella Bustami, yang sebelumnya bekerja sebagai pegawai kantoran selama puluhan tahun kini menggeluti bisnis klappertaart.
Dia pun berbagi pengalaman saat memulai usaha. Walau modal tidak besar kini dia memiliki omzet hingga jutaan rupiah per bulan.
"Awalnya modal tidak besar. Dengan ketekunan, syukur bisnis klappertaart yang dirintis kini omzetnya jutaan rupiah per bulan," ujarnya
Menurut Ella, strategi marketing jadi kunci untuk bertahan di tengah persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat. "Saat ini banyak cara untuk mengenalkan usaha. Terlebih di era digital, banyak platform yang bisa digunakan seperti Instagram atau YouTube," katanya
Salah satu yang tengah tren adalah memanfaatkan konten digital marketing. Seperti apa strategi ini?
Konten digital menghasilkan traffic untuk situs pemiliknya, dengan menggunakan konten digital marketing, maka traffic akan meningkat.
Dalam membuat brand awareness memanfaatkan konten digital marketing Meningkatkan penjualan dan leads. Paling penting biaya lebih murah.
Berkat digital marketing semua bisa viral. Salah satu contoh yang menjadi perbincangan di jagad maya adalah soal sosok perempuan misterius memakan kebab di salah satu cafe bilangan Bintaro, Tangerang Selatan.
Camilan roti tortila digulung bersama daging sapi dengan beberapa jenis sayuran ini pun kini menjadi salah satu makanan populer di kalangan anak-anak, remaja muda, dewasa dan orang tua.
Wanita ini menganakan gaun berwarna putih. Kemunculannya pertama kali diposting di @Trending_Youtube. "Jagat media sosial dibuat ramai dengan kemunculan wanita berbaju putih yang makan kebab di salah satu cafe kawasan Bintaro. Banyak yang ingin tau sosok wanita tersebut dan dimana cafe tersebut, siapa tau bisa ketemu langsung kalau kamu gmn guys klo ketemu langsung, ajak Selfie apa ngibrit? dalam keterangan postingan tersebut.
Sebagai informasi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) penjualan online di Indonesia pada periode Februari hingga Juli 2020 meningkat tajam. Tercatat dari total transaksi penjualan online, kategori yang jadi favorit masyarakat adalah bahan makanan sebanyak 51 persen, disusul produk kesehatan mencapai 20 persen.
Editor: Dani M Dahwilani