Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Bank Mandiri Raih Pengakuan Internasional di Bidang Cash Management dan Treasury
Advertisement . Scroll to see content

Unicharm Luncurkan Produk dengan Bio Material yang Ramah Lingkungan

Rabu, 05 Juni 2024 - 15:04:00 WIB
Unicharm Luncurkan Produk dengan Bio Material yang Ramah Lingkungan
Konferensi pers peluncuran produk Unicharm dengan biomaterial. (Foto: dok Unicharm)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA,iNews.id - PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) untuk pertama kalinya meluncurkan tiga kategori produk yang menggunakan bio material, di antaranya popok bayi MamyPoko, pembalut wanita Charm, dan tisu basah antibakteri Kirey Wipes. Peluncuran ketiga produk pada Konferensi Pers ini turut dihadiri awak media, stasiun TV, dan aktris sekaligus pencinta lingkungan Tasya Kamila, Selasa (4/6/2024).  

Produk pertama yang diluncurkan Unicharm Group ini dapat mengurangi penggunaan material yang berasal dari minyak bumi, sebab bahannya berasal dari tanaman tebu, batu kapur, minyak botani, dan resin alami. 

Peluncuran produk pertama dengan bio material dilatari kekhawatiran akan terbatasnya jumlah minyak bumi yang menjadi sumber daya sangat penting di kehidupan. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan maupun pembangkit listrik saja, tetapi juga bisa dijadikan sebagai bahan baku serat maupun plastik. 

Namun, perlu diketahui, jumlah minyak bumi pun terbatas karena dihasilkan dari perubahan kimia pada bangkai organisme hidup dari ratusan tahun yang lalu. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya jumlah populasi manusia di Bumi, jika digunakan terus menerus, minyak bumi diperkirakan terdapat risiko akan habis dalam 50 tahun mendatang. 

Oleh karena itu, Unicharm mulai mengembangkan produk ramah lingkungan demi berkontribusi pada lingkungan. Presiden Direktur Takumi Terakawa menyatakan, saat ini telah terjadi perubahan kesadaran yang terjadi pada konsumen akan lingkungan hidup yang meningkat.

“Dari hasil riset yang kami lakukan, kesadaran konsumen pembalut wanita akan lingkungan meningkat hingga 2x lipat dalam 3 tahun terakhir. Di sisi lain, popok berbahan alami juga menjadi poin pertimbangan bagi konsumen dalam memilih popok bayi, dimana skornya meningkat 3x lipat di 1 tahun terakhir. Mengamati perubahan kesadaran yang terjadi pada konsumen, bertepatan dengan hari lingkungan hidup se-Dunia di tahun ini, Unicharm meluncurkan produk Charm, MamyPoko, dan juga Kirey Antibacterial Wipes yang menggunakan Bio Material.  

Pihaknya telah mengembangkan produk yang menggunakan bio material sejak 2022, dan dengan memperbanyak jumlah produk yang menggunakan Bio Material.

“Kami bertekad untuk memberikan kontribusi lebih besar terhadap penurunan penggunaan plastik yang berasal dari minyak bumi. Semua produk dari tiga kategori ini menggunakan logo bio material pada kemasan untuk mengkomunikasikan ke konsumen bahwa ini adalah produk yang ramah lingkungan,“ katanya.

Selain itu, dengan menyampaikan pesan “Mari Lakukan Kebaikan Kecil” pihaknya mengajak masyarakat untuk melakukan kebaikan bagi lingkungan dimulai dari yang bisa dilakukan sendiri. Seluruh produk ini dikembangkan dengan kualitas Jepang, dan memiliki kualitas yang sama dengan produk reguler meskipun menggunakan bio material.

“Kami menyadari bahwa sebagai perusahaan yang sudah lebih dari 25 tahun mengembangkan bisnisnya di Indonesia, kami memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi terhadap masalah sosial dan lingkungan. Oleh karena itu, kami akan terus melakukan berbagai inisiatif mulai dari peluncuran produk ramah lingkungan, dan berbagai kegiatan konservasi lingkungan,” tuturnya.

Charm Cooling Fresh Bio & Daun Sirih Bio (atas Day, bawah Night), Mamy Poko Royal Soft Bio, dan Kirey Antibacterial Wipes Bio. (Foto: dok Unicharm)
Charm Cooling Fresh Bio & Daun Sirih Bio (atas Day, bawah Night), Mamy Poko Royal Soft Bio, dan Kirey Antibacterial Wipes Bio. (Foto: dok Unicharm)

Aktris sekaligus pencinta lingkungan Tasya Kamila pun sepakat, jika mengatasi masalah lingkungan setiap individu harus berkontribusi. Tidak cukup hanya dengan upaya dari pemerintah saja.  

“Setiap individu termasuk masing-masing dari kita harus berkontribusi dari hal kecil yang bisa kita lakukan sendiri, misalnya mengurangi penggunaan botol plastik dan menggantinya dengan tumbler, atau membawa totebag ketika berbelanja. Selain itu, kita juga bisa berkontribusi dengan memilih dan menggunakan produk yang ramah lingkungan seperti yang diluncurkan Unicharm kali ini. Bumi kita hanya ada satu, jadi kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaganya demi generasi masa depan,” kata Tasya. 

Penggunaan Bio Material pada Produk

(Foto: dok Unicharm)
(Foto: dok Unicharm)

Charm Cooling Fresh Bio memiliki sensasi dingin yang sama seperti Charm Cooling Fresh reguler, menggunakan Bio Material pada beberapa bagian produk seperti kemasan, Top Sheet, Back Sheet, Side Sheet dan Wing Sheet. Sedangkan, Charm Daun Sirih Bio tetap memiliki fungsi dasar mencegah bau, dan menggunakan bio material di seluruh bagian pembalut meliputi Cover Sheet, Second Sheet hingga kemasan individual. 

Seluruh bagian yang bersentuhan langsung dengan kulit dari dua produk ini menggunakan 100 persen bio fiber sehingga lebih lembut di kulit, juga lebih ramah untuk wanita dan lingkungan dibanding produk sejenis yang diluncurkan tahun lalu.

Sementara, MamyPoko Royal Soft Bio menggunakan bio material pada 80 persen komponen produk meliputi kemasan dan bagian-bagian lain. Daya serap superior dan dryness nya setara dengan popok MamyPoko Royal Soft reguler. Terutama di bagian top sheet yang bersentuhan dengan kulit bayi menggunakan 100 persen kapas organic yang aman.

Ini merupakan komitmen Unicharm untuk memberikan produk bagi orang tua dan anak yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga nyaman digunakan.

Sedangkan pada Kirey Wipes Bio, serat plastik yang digunakan pada setiap lembar tisu seluruhnya diganti dengan campuran antara Bio Fiber atau serat Bio yang berasal dari tanaman tebu dan PET yang telah didaur ulang. Produk ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memiliki keunggulan dari sisi antibakterial, kelembutan, kemudahan penggunaan dan bebas alkohol yang sama dengan produk reguler.

Kontribusi Terhadap Perwujudan SDGs 17 Goals

Dari 17 target SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan, melalui kegiatan ini pihaknya berupaya untuk berkontribusi pada target No.12 'konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab'. Juga dengan salah satu elemen slogan perusahaan Ethical Living for SDGs yaitu 'konservasi lingkungan, sumber daya laut dan pemeliharaan keanekaragaman hayat', untuk ke depannya akan terus berusaha untuk memecahkan masalah konservasi lingkungan dan sosial, serta berkontribusi pada perwujudan SDGs.

Head of Corporate Planning Division Heni Indrayati mengatakan, bahwa Unicharm mencanangkan Ethical Living for SDGs sebagai slogan perusahaan pada 2021 dengan tujuan untuk berkontribusi pada perwujudan SDGs. Di dalam slogan ini terkandung makna melakukan kebaikan kecil dalam kehidupan, dan dipenetrasikan kepada karyawan dan masyarakat luas.

“Hingga saat ini, Unicharm telah melakukan berbagai kegiatan yang sejalan dengan elemen Ethical Living for SDGs, seperti edukasi pemilahan sampah di sekolah-sekolah, pemasangan pembangkit listrik tenaga surya, kegiatan bersih-bersih sungai, dan juga meluncurkan produk yang ramah lingkungan. Melalui upaya konkrit yang kami lakukan, kami berharap dapat berkontribusi untuk lingkungan,” ujarnya.

Produk ini dapat dibeli mulai awal Juni 2024 secara bertahap di channel e-commerce dan sebagian toko offline.

Editor: Anindita Trinoviana

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut