Usung Semangat Baru, BTN Luncurkan Logo Baru di Perayaan HUT ke-74
JAKARTA, iNews.id – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN telah memasuki usia yang ke-74. Di usia barunya, bank pelat merah ini melakukan rebranding dengan meluncurkan logo baru.
Logo baru ini merupakan simbol keberhasilan dan komitmen perseroan dalam melanjutkan transformasi menjadi bank yang lebih modern dan adaptif dalam menghadapi digitalisasi. Langkah rebranding ini pun sejalan dengan transformasi perusahaan untuk menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025.
Peluncuran logo baru ini dilakukan dalam acara ‘BTN Anniversary Festival 2024’ yang digelar di Indonesia Arena, Komplek Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Minggu (3/3/2024).
Direktur Utama BTN Nixon L P Napitupulu mengatakan, perubahan logo ini merupakan refleksi dari transformasi yang telah dilakukan BTN, di antaranya di ranah digital untuk mendukung proses bisnis dan layanannya, serta operasional kantor-kantor cabang yang lebih modern. Dengan brand image yang lebih modern dan kekinian, BTN siap untuk bersaing di level yang lebih tinggi dan menjadi bank pilihan utama bagi nasabah.
“BTN memperkenalkan logo terbaru yang lebih fresh, kekinian, dan mengikuti perkembangan zaman. Wajah baru ini diperlukan untuk mendukung pertumbuhan core business BTN sebagai bank terkemuka dalam pembiayaan perumahan secara berkelanjutan. Dengan logo baru di usianya yang ke-74, BTN unjuk gigi sebagai one stop financial solution bagi masyarakat untuk bertransaksi tidak hanya dalam hal pembiayaan perumahan, tapi juga beyond mortgage,” kata Nixon.
Logo baru BTN memiliki font atau bentuk tulisan yang menyimbolkan optimisme, dengan rancangan konstruksi yang berani dan dinamis untuk menggambarkan BTN yang modern dan relevan dengan perkembangan zaman.
Nixon menjelaskan, perseroan menggunakan huruf kecil pada logo BTN melambangkan bank yang mudah didekati dan memahami kebutuhan nasabah, berpartisipasi aktif dalam perjalanan nasabah, dan membantu mencapai tujuan hidup. Perseroan berharap dapat menjadi rumah, tempat dimulainya perjalanan hidup.
Garis merah di atas tulisan “btn” menyimbolkan visi bank yang progresif dan terus melangkah maju. BTN ingin memantapkan posisinya sebagai lembaga keuangan visioner yang konsisten berkembang secara progresif.
“Dengan terus menciptakan inovasi dan solusi melalui ekosistem perumahan, BTN memposisikan dirinya sebagai bank beyond mortgage atau bank yang melayani lebih dari KPR,” ucap Nixon.
Sedangkan warna logo, yaitu dynamic blue dan stabilitas merah. Kedua warna ini menggambarkan bank yang inovatif dan dinamis dalam upayanya mengembangkan dan menciptakan produk keuangan dengan tujuan untuk membangun ekosistem keuangan yang inovatif, modern, dan andal.
Secara filosofis, warna dynamic blue merupakan warna yang lebih hidup dan segar dibandingkan warna biru lainnya. Warna ini menggambarkan sifat percaya diri dalam menarik masyarakat yang lebih luas di luar batas negara. Sedangkan, warna stabilitas merah melambangkan stabilitas, mencerminkan kekuatan, dan ketahanan institusi yang dibangun melalui pengalaman berharga selama bertahun-tahun.
Nixon menegaskan, perubahan logo BTN ini efektif dilakukan pada 3 Maret 2024, dengan beberapa catatan. Pertama, tidak ada perubahan pada nama perseroan (PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk).
Selanjutnya, yang kedua adalah perubahan merek dan logo tidak memengaruhi kerja sama yang sedang berlangsung dan perjanjian yang telah disepakati, baik antara perseroan dengan nasabah maupun dengan pihak ketiga lainnya. Terakhir, informasi lebih lengkap akan disampaikan melalui website BTN atau nasabah dapat menghubungi BTN Call.

Menteri BUMN Erick Thohir yang turut memberikan sambutan menyampaikan, ulang tahun ke-74 dan peluncuran logo baru menjadi momentum bagi BTN untuk melakukan percepatan transformasi.
BTN, lanjutnya, harus mampu menjadi tumpuan dalam solusi pembiayaan perumahan bagi masyarakat. Saat ini 52 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan, dan diperkirakan angka ini meningkat menjadi 70 persen pada 2035.
Dia mengatakan, pembiayaan untuk 600.000 rumah tidak cukup memenuhi kebutuhan masyarakat, karena secara keseluruhan, (kekurangan) perumahan di Indonesia masih bertengger di angka 12,7 juta.
“BTN tentu sudah luar biasa, dari 600 ribu rumah, sekarang sudah 300 ribu rumah yang BTN biayai. Tapi angka 1 juta sampai 1,5 juta rumah harus menjadi terobosan,” ujarnya.
Menurut Erick, BTN memiliki kapabilitas untuk mencapai goal tersebut, karena kinerjanya yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir, baik dari sisi aset maupun penurunan kredit bermasalah. Hal ini menandakan bahwa BTN merupakan bank dengan kesehatan yang baik.
"Perjalanan BTN luar biasa setelah mencapai usia ke-74. Pada 2019, ketika saya menjadi Menteri BUMN, BTN hanya membukukan laba Rp200 miliar. Namun, sekarang sudah mencapai Rp3,5 triliun. Hal tersebut berarti bank ini lebih sehat dan akan memberikan layanan yang juga sehat,” tutur Erick.
Erick berharap, BTN dapat menjadi sebuah solusi untuk perumahan masa depan anak muda, sehingga BTN harus bekerja lebih keras dan menyusun strategi besar.
“Napas logo baru ini harus benar-benar dimaknai oleh seluruh BTNers dalam rangka menciptakan solusi bagi backlog perumahan kita," kata Erick.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang turut hadir dalam acara seremoni mengatakan, logo merupakan bentuk tanggung jawab dan kredibilitas bagi sebuah organisasi, sehingga BTN harus menjaga makna yang dibawa oleh logo barunya.
"Garis merah yang dahulu di bawah kata BTN, sekarang berada di atas, artinya menjadi lebih sigap dan efisien. Sedangkan penggunaan huruf kecil berarti memasyarakat, sehingga BTN harus menjadi bank untuk rumah masyarakat," ujar Basuki.
Selain pengenalan logo baru, perseroan turut meluncurkan sejumlah penawaran produk dan layanan terbaru, yaitu BTN Kita dan BTN ATYA. Dituturkan Nixon, BTN berharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabah dengan menjadi bank pilihan untuk menabung, bertransaksi, dan memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat.
Serangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74, sekaligus peluncuran rebranding logo dalam acara bertajuk ‘BTN Anniversary Festival 2024’ ini dihadiri oleh segenap manajemen dan karyawan. Dimeriahkan pula oleh sederet penyanyi dan band ternama.

Selain peluncuran logo baru, perseroan juga menggelar sejumlah rangkaian acara perayaan HUT ke-74 BTN, di antaranya:
- BTN Run dan Fun Run
Agenda BTN Run dan Fun Run ini merupakan perlombaan lari dengan kategori jarak 5 kilometer, 10 kilometer, serta Aquathlon (lari 2,5 kilometer - berenang 500 meter - berlari 2,5 kilometer) yang dapat diikuti oleh masyarakat umum maupun BTNers. Bagi yang tidak mengikuti BTN Run, BTNers dan keluarga dapat mengikuti Fun Run dengan jarak 3 kilometer.
Kegiatan ini juga untuk meningkatkan brand engagement dan brand awareness dari BTN dengan logo terbarunya. Selain itu, juga pengenalan berbagai produk dan layanan yang dimiliki oleh BTN.
- BTN Culinary
Sebagai upaya meningkatkan potensi bisnis BTN, perseroan hadirkan promo berupa harga spesial HUT ke-74 BTN sebesar Rp7.400 atau diskon 74 persen atau promo sejenisnya dalam penyelenggaraan acara BTN Anniversary Festival 2024. Syaratnya, transaksi pembelian dilakukan melalui QRIS BTN Mobile dan Kartu Debit BTN Visa dengan promo di 74 merchant, tenant, UMKM, maupun rekanan BTN yang dapat dinikmati oleh BTNers dan keluarga maupun masyarakat umum yang hadir dengan tema BTN Culinary.
- BTN Soundphoria
Gelaran ‘BTN Anniversary Festival 2024’ semakin meriah dengan hiburan dari sederet artis Indonesia, di antaranya Ari Lasso, Gigi, Sammy Simorangkir, Armada, dan Ayu Ting Ting dalam BTN Soundphoria. Kemeriahan acara ini dapat dinikmati oleh BTNers dan keluarga, serta para peserta BTN Run dan BTN Aquathlon sebagai wujud apresiasi BTN.
Editor: Rizqa Leony Putri