Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : KAI Daop 1 Jakarta Siapkan 1.732 Perjalanan KA untuk Masa Angkutan Nataru 2025/2026
Advertisement . Scroll to see content

Viral Penumpang Masak Nasi di Gerbong Kereta, KAI: Berpotensi Bahayakan Keselamatan

Senin, 19 Februari 2024 - 13:28:00 WIB
Viral Penumpang Masak Nasi di Gerbong Kereta, KAI: Berpotensi Bahayakan Keselamatan
Viral di media sosial penumpang kereta memasak nasi di dalam gerbong. KAI menyebut, selain gadget, penumpang tidak diperbolehkan menggunakan stop kontak di kereta untuk keperluan-keperluan lainnya. (Foto: Instagram)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial penumpang kereta api (KA) memasak nasi di dalam gerbong menggunakan fasilitas colokan listrik yang ada di gerbong kereta. Kejadian ini dikonfirmasi oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, fasilitas stop kontak atau colokan listrik yang tersedia di setiap kursi kereta api hanya dapat digunakan untuk mengisi daya gawai atau gadget, misalnya handphone, tablet, atau laptop.

Selain gadget, penumpang tidak diperbolehkan menggunakan stop kontak di kereta untuk keperluan-keperluan lainnya seperti alat elektronik rumah tangga. 

“Hal ini dikarenakan dapat mengganggu penumpang lainnya atau berpotensi membahayakan keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api,” ujar Joni dalam keterangannya, Senin (19/2/2024). 

Di samping itu, penggunaan alat elektronik dengan daya listrik besar secara berlebihan dan bersamaan dikhawatirkan dapat mengganggu fungsi kelistrikan kereta api secara keseluruhan.

Beberapa hari ke belakang ramai di media sosial pembicaraan seputar penggunaan colokan listrik di KA untuk keperluan menanak nasi dan kipas angin portable yang digantung di atas kursi penumpang.

Bahkan, sempat ramai juga penumpang yang menggunakan catokan rambut dengan memanfaatkan stop kontak di kereta api.

Joni mengingatkan apabila penumpang mengalami kendala saat dalam perjalan, seperti AC kurang berfungsi optimal, penumpang dapat segera menghubungi petugas kondektur yang berdinas agar segera ditindaklanjuti. Nomor handphone petugas kondektur tertera di masing-masing dinding kereta. 

Penumpang juga dapat menyampaikan keluhan-keluhannya dengan menginfokan kode booking melalui pesan langsung (Direct Message) kepada Contact Center KAI di media sosial KAI, email [email protected], WhatsApp 08111-2111-121, atau telepon di 121.

“KAI mengimbau kepada pelanggan untuk saling menghormati dan menghargai di antara sesama pelanggan agar perjalanan kereta api tetap aman dan nyaman. Kami juga berpesan kepada pelanggan untuk selalu mematuhi aturan, menjaga ketertiban, menjaga fasilitas kereta api dan stasiun karena layanan kereta api merupakan fasilitas umum,” ucapnya.

Editor: Aditya Pratama

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut