Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Kadin Gandeng Google Indonesia untuk Percepat Digitalisasi dan Perluas Akses Pasar UMKM
Advertisement . Scroll to see content

Waketum Kadin Clarissa Tanoesoedibjo Ungkap Transformasi Digital UMKM Dapat Dorong Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen

Rabu, 15 Oktober 2025 - 12:55:00 WIB
Waketum Kadin Clarissa Tanoesoedibjo Ungkap Transformasi Digital UMKM Dapat Dorong Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Komunikasi dan Digital, Clarissa Tanoesoedibjo. (Foto: Iqbal Dwi Purnama)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Komunikasi dan Digital, Clarissa Tanoesoedibjo menyebut perlunya mendorong transformasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 8 persen. 

Clarissa menjelaskan, peran UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia diperlihatkan dari kontribusinya lebih dari 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional serta menyerap hampir 97 persen persen tenaga kerja. Adapun, sampai saat ini, jumlah UMKM mencapai lebih dari 64 juta unit usaha.

"Untuk mempercepat target pertumbuhan ekonomi 8 persen memang diperlukan transformasi digital UMKM," ucap Clarissa dalam acara Penandatanganan MoU Kadin Indonesia dengan Google di Menara Kadin, Jakarta, Rabu (15/10/2025).

Clarissa menambahkan, transformasi digital akan menciptakan pasar baru bagi para pelaku UMKM. Jangkauan pasar lewat platform digital yang bisa diakses lebih luas akan mampu meningkatkan order, hingga peningkatan pendapatan sekaligus penciptaan lapangan kerja.

Dia menuturkan, untuk mempercepat transformasi digital UMKM, Kadin Indonesia telah bekerja sama Google Indonesia untuk memberikan pelatihan, keterampilan digital, akses pasar, dan Practical know-how atau penerapan strategis.

"Yang paling penting, tentu saja, adalah peningkatan efisiensi dan keunggulan operasional (operational efficiency and excellence)," katanya.

Salah satu langkah konkret dari kerja sama ini adalah sosialisasi terkait pemanfaatan Fitur YouTube Shopping Affiliate, fitur ini memungkinkan kreator yang memenuhi syarat untuk menandai produk dari berbagai merek yang berpartisipasi dalam video, Shorts, dan live stream mereka. Ketika penonton mengklik tag produk tersebut dan melakukan pembelian, kreator akan mendapatkan komisi.

"Ini adalah strategi baru dari UMKM untuk bisa memonetize produk atau brand, dan mereka bisa mendapatkan komisi, jadi itu mamang bisa menjadi side revenue yang ditambahkan dengan apa yang sudah jalan di Youtube sekarang seperti adsense programatik," ucapnya.

Editor: Aditya Pratama

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut