Warren Buffett Borong Saham 5 Perusahaan Jepang

Djairan ยท Senin, 31 Agustus 2020 - 08:47:00 WIB
Warren Buffett Borong Saham 5 Perusahaan Jepang
Chairman & CEO Berskhire Hathaway, Warren Buffett. (Foto: CNBC)

OMAHA, iNews.id - Berkshire Hathaway resmi menjadi pemegang saham minoritas di lima perusahaan perdagangan umum di Jepang. Kelima perusahaan itu yakni Itochu, Marubeni, Mitsubishi, Mitsui, dan Sumitomo.

Chairman & CEO Berskhire, Warren Buffett mengumumkan aksi korporasi itu bertepatan dengan ulang tahun yang ke-90. Dia menyebut, Berskhire membeli lebih dari 5 persen saham kelima perusahaan itu di Tokyo Stock Exchange.

Proses pembelian dilakukan secara konsisten dalam 12 bulan terakhir. Berdasarkan harga penutupan Jumat (28/8/2020), nilai saham tiap perusahaan sekitar 6,25 miliar dolar AS atau hampir Rp100 triliun.

Perusahaan perdagangan umum di Jepang dikenal dengan sebutan Sogo Shosha. Perusahaan ini mengimpor segala hal mulai dari energi dan logam hingga makanan dan tekstil ke Jepang yang minim SDA. Peran perusahaan konglomerasi itu membantu menumbuhkan ekonomi Jepang sekaligus mendorong globalisasi bisnis di ke luar Jepang.

Sesuai gaya investasinya, Buffett memastikan akuisisi itu bukan 'permainan' semata. Dia menyebut, Berkshire akan menahan saham di perusahaan itu dalam jangka panjang. Dia bahkan ingin meningkatkan kepemilikan saham hingga 9,9 persen asal harganya cocok.

“Saya senang Berkshire Hathaway bisa berpartisipasi pada masa depan ekonomi Jepang lewat lima perusahaan yang telah kami pilih untuk investasi. Perusahaan tersebut memiliki banyak usaha patungan di seluruh dunia, saya berharap ke depan ada peluang yang saling menguntungkan,” ujar Buffett, dikutip dari CNBC, Senin (31/8/2020).

Buffett tak khawatir dengan potensi kerugian kurs dengan berinvestasi di Jepang. Dia mengungkapkan, Berskhire saat ini memegang obligasi dalam bentuk mata uang yen senilai 5,93 miliar dolar AS yang jatuh tempo mulai 2023 hingga 2060.


Editor : Rahmat Fiansyah