WNA Dilarang Masuk Indonesia, Garuda Optimistis Bisnisnya Tak Terdampak

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 29 Desember 2020 - 14:31:00 WIB
WNA Dilarang Masuk Indonesia, Garuda Optimistis Bisnisnya Tak Terdampak
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia melarang warga negara asing (WNA) masuk terhitung 1-14 Januari 2021. Keputusan tersebut dinilai berdampak pada industri pariwisata, termasuk sektor penerbangan.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra mengatakan, sejak pandemi, kunjungan WNA ke Indonesia sudah turun drastis. Dengan begitu, saat WNA kini dilarang masuk untuk mencegah penyebaran Covid-19, maka tak berdampak pada bisnis Garuda.

"Mesti nya tidak berdampak, karena memang jumlah WNA yang masuk Indonesia sedikit," ujar Irfan kepada iNews.id, Selasa (29/12/2020). 

Sementara itu, Pengamat Penerbangan Arista Atmadjati menilai larangan masuknya warga asing yang mulai diberlakukan pada 1-14 Januari 2021 itu tidak berdampak buruk bagi bisnis aviasi di Indonesia. 

Meski begitu, bila kebijakan itu terus diperpanjang selama beberapa bulan ke depan, maka dipastikan bisnis aviasi tidak mengalami pertumbuhan signifikan.

"Nggak terlalu berdampak sih, kalau menurut saya, karena satu tahun terakhir ini penerbangan ke luar negeri pun sudah jarang karena dikurangi, rute-rute itu kan dikurangi hampir 60 persen dari Indonesia. Tapi dari Januari sampai April (diperpanjang) itu akan jadi ekstrim," kata dia. 

Indonesia memutuskan menutup pintu masuk sementara bagi seluruh warga negara asing (WNA) dari semua negara per 1 Januari 2021. Langkah tersebut diambil terkait kemunculan varian baru Covid-19, yang disebut-sebut dapat menular lebih cepat.

Editor : Rahmat Fiansyah