Wow, Kerja di IKN Nusantara Alat Transportasinya Kereta Gantung

Iqbal Dwi Purnama · Rabu, 22 Juni 2022 - 20:23:00 WIB
 Wow, Kerja di IKN Nusantara Alat Transportasinya Kereta Gantung
Pembangunan gedung di IKN Nusantara dimulai 2023 dengan menyerap ratusan ribu pekerja. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan alat transportasi untuk mendukung mobilitas karyawan di IKN Nusantara kemungkinan adalah kereta gantung. Moda transportasi tersebut nantinya menjadi alat transportasi antarkantor di IKN Nusantara.

Menhub menjelaskan, selain untuk alat transportasi, kereta gantung juga bakal dibangun untuk mendukung aktivitas pariwisata. Hal tersebut melihat kota Chiba di Jepang yang sudah lebih dulu menerapkannya.

"Saya tadi pagi sempat mengunjungi satu tempat namanya Chiba, dimana disana ada kereta gantung, ini satu alat transportasi di tempat-tempat wisata," kata Budi Karya.

Dia mengungkapkan, kereta gantung bakal diterapkan menjadi alat transportasi untuk mendukung mobilitas karyawan di IKN Nusantara. Saat ini, wacana tersebut masih dalam pembahasan.

"Insyaallah ini akan kita inisiasi, dan saya mendapat perintah dari bapak presiden dan Bappenas untuk mempelajari, kita tahu bahwa IKN membutuhkan satu pergerakan yang agak unik. Jadi kita akan gunakan kereta gantung ini menjadi alat transportasi dari kantor ke kantor, dan juga akan kita terapkan pada tempat wisata seperti di Bali," ujar Budi Karya.

Sesuai dengan visi pembanguan IKN bahwa kota yang bakal di bangun di Kalimantan Timur itu diklaim akan menjadi kota yang ramah lingkungan. Maka dari itu dukungan transportasi yang ramah lingkungan seperti kendaraan listrik dibutuhkan.

"Oleh karenanya saya tadi pagi meninjau Shiba untuk meninjau kemungkinan alat transportasi berbasis listrik tentu sangat environment friendly,” tuutur Budi Karya.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda