Pelamahan Dolar Dorong Harga Emas Berjangka Naik

Ranto Rajagukguk ยท Rabu, 15 November 2017 - 08:40:00 WIB
Pelamahan Dolar Dorong Harga Emas Berjangka Naik
Ilustrasi (Foto: Reuters)

CHICAGO, iNews.id - Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik karena dolar Amerika Serikat (AS) yang melemah membantu menarik logam mulia dari level terendah dalam satu pekan ini.

Mengutip Xinhua, Rabu (15/11/2017), kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember naik 4 dolar AS, atau 0,31% dan menetap di 1282,90 dolar AS per ons.

Indeks dolar AS yang mengukur uang terhadap enam mata uang utama lainnya, turun hampir 0,8% menjadi 93,786. Melemahnya dolar mendorong penguatan terhadap emas karena mata uang yang jatuh membuat komoditas tersebut yang dihargakan dalam dolar lebih menarik bagi investor yang menggunakan mata uang lain.

Ketidakpastian mengenai prospek reformasi pajak AS dan dampak potensinya dalam pertumbuhan ekonomi juga mendukung pergerakan logam yang lebih tinggi, menekan risiko atas spekulasi investor serta mendukung nilai emas sebagai aset safe heaven.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember bertambah 2,6 sen dolar AS atau 0,15%, ditutup pada 17,073 dolar AS per ons. Platinum untuk bulan Januari berikutnya turun 8,30 dolar AS atau 0,89%, untuk menetap di 927,30 dolar per ons.

Editor : Ranto Rajagukguk

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda