Ada Vaksinasi, IHSG Berpotensi Tembus Level 6.500

Shelma Rachmahyanti ยท Selasa, 02 Maret 2021 - 10:55:00 WIB
Ada Vaksinasi, IHSG Berpotensi Tembus Level 6.500
Seiring vaksinasi Covid-19 yang terus berjalan, IHSG berpeluang menembus level 6.500. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertahan di level 6.300 pada perdagangan Selasa (2/3/2021). Seiring vaksinasi Covid-19 yang terus berjalan, indeks berpeluang menembus level 6.500.

Pengamat pasar modal Oktavianus Audi mengatakan, optimisme investor kembali tumbuh seiring pelaksanaan vaksinasi. Kegiatan ini terjadi di seluruh dunia sehingga menjadi sentimen positif dari dalam dan luar negeri.

“Kalau kita lihat respons dari investor ini sudah mencerminkan dari sentimen-sentimen positif ya. Kemarin IHSG kita tutup cukup solid di mana kita sudah berhasil melewati level 6.300 sekarang di posisi 6.338, jadi saya pikir dengan adanya stimulus, adanya sentimen dari vaksinasi yang sudah berjalan yang progresnya cukup baik,” katanya dalam Market Opening IDX Channel, Selasa (2/3/2021).

Oktavianus menilai, vaksinasi menjadi turning point agar Indonesia dan dunia bisa keluar dari pandemi. Oleh karena itu, kesuksesan vaksinasi sangat ditunggu-tunggu.

"Kita nggak bicara seberapa cepat tapi seberapa efektif dari vaksin itu sendiri, sehingga ketika vaksinasi ini sudah dilakukan tetapi efek atau dampaknya malah di bawah 50 persen, ya itu saya pikir para investor akan berpikir kembali terkait investasinya di pasar modal,” ujar Oktavianus.

Untuk target 6.500, dia menyebut prediksi ini bersifat jangka panjang. "Kemungkinan besar sih hari ini IHSG masih bergerak di zona positif walaupun masih terbatas,” katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah