Bareng MNC Sekuritas, Rumah Zakat Bidik Rp30 Miliar Wakaf Saham

Aditya Pratama ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 12:28 WIB
Bareng MNC Sekuritas, Rumah Zakat Bidik Rp30 Miliar Wakaf Saham

CEO Rumah Zakat, Nur Effendi (kiri) dan Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina (kanan). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Rumah Zakat menjalin kerja sama dengan MNC Sekuritas. Kerja sama tersebut diharapkan bisa mengumpulkan wakaf saham sebanyak Rp30 miliar pada 2020.

"Kita ingin minimal di tahun ini bisa kumpulkan wakaf Rp150 miliar, khusus wakaf saham kami targetkan minimal Rp20-30 miliar," ujar CEO Rumah Zakat, Nur Effendi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Nur menambahkan, potensi wakaf nasional masih sangat besar yaitu Rp300 triliun. Pada 2019, Rumah Zakat mengelola dana wakaf sekitar Rp25 miliar. Angka tersebut belum termasuk dana zakat.

"Kalau 2020 kita targetkan penghimpunan dana zakat dan wakaf tumbuh 30 persen. Pemahaman masyarakat Indonesia makin bagus," ucap Nur.

Rumah Zakat selama ini telah menyalurkan dana wakaf dan zakat di desa-desa yang mencapai 1.620 titik. Dari jumlah itu, 46 persen di antaranya berhasil keluar dari kategori desa miskin.

Selain itu, kata Nur, dana wakaf itu juga disalurkan untuk pembangunan 18 sekolah serta 10 rumah sakit dan klinik. Rencananya, dana wakaf akan dikembangkan pada instrumen keuangan.

"Akan ada sekian persen dari wakaf di Rumah Zakat ke depan diinvestasikan di saham dan reksa dana. Kita coba masuk tahun ini," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah