Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Jokowi Banggakan QRIS di Forum Global: Pedagang Kaki Lima Pakai Sistem seperti Perusahaan Besar
Advertisement . Scroll to see content

BI Targetkan 45 Juta Pengguna QRIS di 2023, MNC Bank: Pengalaman Bertransaksi yang Mudah dan Cepat

Rabu, 12 Juli 2023 - 14:26:00 WIB
BI Targetkan 45 Juta Pengguna QRIS di 2023, MNC Bank: Pengalaman Bertransaksi yang Mudah dan Cepat
BI targetkan pengguna QRIS 45 juta di 2023, MNC Bank: transaksi yang mudah dan cepat
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) menargetkan 45 juta pengguna transaksi non-tunai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di tahun 2023. Hal itu disampaikan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR RI bersama Menteri Keuangan RI, Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, Ketua DK OJK, dan RDP dengan Kepala BPS pada Senin, (5/7).

“Pada 2023, fokus kami adalah QRIS yang terus kami perluas untuk mikro maupun untuk tarik tunai transfer dan setor tunai QRIS tuntas. Kami menargetkan 45 juta pengguna QRIS, demikian juga perluasan mengenai BI-FAST baik untuk kepesertaan maupun layanan debit, maupun direct-debit, bulk-credit, request for paymet,” ucap Perry.
 
Sebagai upaya merealisasikan konektivitas pembayaran regional atau regional payment connectivity, BI akan memperluas kampanye QRIS sebagai metode pembayaran digital di negara-negara kawasan, seperti Singapura, Filipina dan India.

Saat ini, Indonesia telah menjalin kerja sama untuk Implementasi penggunaan QRIS dengan Malaysia dan Thailand. Implementasi QRIS sebagai metode pembayaran digital merupakan bagian dari bauran kebijakan BI untuk memperluas digitalisasi sistem pembayaran.
 
Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Fitria Irmi Triswati pada Gelaran Wicara Bincang Milenial Paham Rupiah di Taman Lumbini Candi Borobudur, Selasa (8/7) juga mengatakan bahwa Bank Indonesia (BI) mencatat penggunaan QRIS di Indonesia mencapai 184,29 juta transaksi atau tumbuh 152 persen dari jumlah transaksi sebelumnya.
 
Senada dengan hal tersebut, Chief Digital Business Officer MNC Bank, Yudistira Ardhi Prastono mendukung target Bank Indonesia tersebut. Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) dalam hal ini sektor perbankan wajib menggalakkan program kampanye digital banking.

“Masyarakat Indonesia yang kini didominasi oleh generasi milenial. Itu kan sebenarnya memang sudah akrab dengan gadget ya. Mereka itu cenderung mencari pengalaman bertransaksi yang mudah dan cepat. Oleh karena itu, kita selaku lembaga perbankan perlu memastikan bahwa aplikasi dan platform digital banking dirancang dengan baik, mudah digunakan, intuitif dan yang paling penting menarik, itu yang terus menerus kami lakukan di MotionBank agar nasabah dan masyarakat semakin tertarik untuk menggunakan layanan digital banking,” katanya.
 
Yudistira menyampaikan MNC Bank secara berkala selalu melakukan update pada aplikasi digital banking MotionBank, baik dari sisi fitur maupun layanan. Tujuannya untuk menggali user experience yang perubahannya sangat dinamis mengikuti perkembangan jaman.

MotionBank saat ini sudah dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi sehari-hari, seperti transaksi by QRIS, transfer dana, pembayaran berbagai tagihan, top up & pay ke berbagai mitra layanan digital seperti MotionPay, Gopay, OVO hingga DANA.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut