BRI Gandeng Go-Pay Perluas Layanan Perbankan ke Masyarakat
JAKARTA, iNews.id - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan perusahaan layanan uang elektronik milik Go-Jek, yaitu Go-Pay.
Kolaborasi kedua perusahaan ini melingkupi kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran elektronik tagihan Bank BRI, semisal e-government dan e-billing. Selain itu, ada juga akses pada layanan dan produk BRI bagi mitra dan merchant yang ada dalam ekosistem Go-Jek di Go-Pay.
“BRI melihat inovasi teknologi sebagai sebuah peluang untuk menjangkau lebih banyak masyarakat mengakses produk dan layanan perbankan. Kami optimistis dengan sinergi ini mampu memberikan added value bagi kedua pihak yang terlibat,” ujar Direktur Hubungan Kelembagaan BRI, Sis Apik Wijayanto, di Innovation Centre, Kantor Pusat Bank BRI, Jakarta (5/3/2018).
Lebih lanjut dia mengatakan, kerja sama ini sekaligus membuktikan bahwa fintech mampu menjadi partner strategis bagi perbankan di Indonesia. Kolaborasi perbankan dan fintech seperti yang dilakukan BRI dan Go-Pay juga bisa membantu pemerintah memenuhi target inklusi keuangan sebesar 75 persen pada tahun 2019.
Saat ini, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNILK) tahun 2016 yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan, indeks literasi keuangan mencapai 29,66 persen dan indeks inklusi keuangan mencapai 67,82 persen.
"Ya, kita tahu bahwa operationnya mereka cukup tinggi dari sisi operation cash flownya ya, sehingga kita harapkan duitnya pun masuk ke BRI untuk DPK (Dana Pihak Ketiga). Terus kita bisa salurkan kembali ke masyarakat," ucapnya.
Tidak hanya Go-Jek saja yang akan digandeng oleh BRI, akan ada perusahaan e-commerce lainnya menjadi sasaran bank yang bernaung dalam BUMN ini. "Kita sudah kerja sama dengan Lazada, Tokopedia, terus yang besar-besarlah. Intinya, kita tahun ini incar perusahaan e-commerce yang masuk 10 besar," ujarnya.
Pada kesempatan yang sama, CEO Go-Pay Aldi Haryopratomo mengatakan, sebagai layanan uang elektronik dari ekosistem Go-Jek, pihaknya menyambut baik kerja sama ini. Dia yakin dengan kolaborasi ini bisa menjangkau lebih luas masyarakat yang belum mengakses layanan perbankan (unbanked communities).
“Di sisi pengguna Go-Pay, mereka bisa semakin mudah melakukan pembayaran elektronik untuk tagihan Bank BRI. Sementara, mitra dan merchant bisa memiliki kemudahan akses untuk produk dan layanan Bank BRI,” katanya.
Editor: Ranto Rajagukguk