IHSG Berpotensi Turun Selama September 2020

Aditya Pratama ยท Senin, 14 September 2020 - 12:50 WIB
IHSG Berpotensi Turun Selama September 2020

FAC Sekuritas memprediksi IHSG akan terkoreksi selama September 2020. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - FAC Sekuritas memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan terkoreksi selama September 2020. Pendapat tersebut didasarkan pada faktor musiman.

Head of Research FAC Sekuritas, Wisnu Prambudi mengatakan, secara historis, IHSG biasanya turun pada September-Oktober. Apalagi, indeks sudah menguat dalam lima bulan terakhir.

"Secara bulan, harusnya (IHSG) terkoreksi. Kemudian, kalau kita lihat dengan diadakan PSBB, (sudah) resesi sebenarnya," ujarnya di IDX Channel, Senin (14/9/2020).

Soal PSBB, Wisnu memahami Pemprov DKI mengambil keputusan tersebut. Jumlah kasus positif Covid-19 yang naik tajam mengancam sistem kesehatan, terutama kapasitas ruang ICU dan isolasi.

Wisnu memperkirakan IHSG pada bulan ini bergerak dalam rentang 4.700-5.000. Adapun sepanjang tahun ini, kata dia, indeks ditutup di level 5.200-5.300

"Jadi, targetnya tidak begitu muluk-muluk melihat dari kombinasi pertumbuhan ekonomi global dan kita tahu iklim kerja juga banyak yang terjadi pengurangan itu juga terus bertambah," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah