Jokowi Minta Koperasi Tak Terapkan Bunga Tinggi

Djairan ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 12:50 WIB
Jokowi Minta Koperasi Tak Terapkan Bunga Tinggi

Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Jokowi mengatakan, negara akan memberikan suntikan likuiditas kepada koperasi Rp1 triliun. Dana segar itu disalurkan lewat Lembaga Penyalur Dana Bergulir (LPDB) KUMKM.

Jokowi berharap koperasi lebih gencar menyalurkan modal usaha kepada para anggotanya. Pasalnya, suku bunga pinjaman dari LPDB KUMKM yang disalurkan kepada koperasi sangat rendah, yaitu 3 persen.

“Nilainya (pinjaman kepada anggota) sampai Rp50 miliar, bunganya tadi disampaikan 3 persen turun, ini kompetitif sekali, jangan beri anggota bunga tinggi-tinggi,” ujar Jokowi, Kamis (23/7/2020).

Dia menerima informasi bahwa koperasi menetapkan suku bunga 12 persen per tahun bagi anggotanya. "Syukur bisa di bawah itu," katanya.

Mantan wali kota Solo itu mengingatkan untuk tidak mempersulit pencairan dana LPDB ke koperasi. Prosedur yang berbelit-belit harus disederhanakan.

“Saya nggak ingin kalau koperasinya sudah tutup baru dibantu, tidak ada artinya, jangan menunggu, pelaku usaha juga sama, segera bantu mereka, supaya mereka bisa menggunakan belanja modal produktif untuk menggerakkan ekonomi, utamanya ada di daerah,” tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah