Lini Imaji Kreasi Ekosistem (FUTR) Listing Hari Ini, Tawarkan Harga IPO Rp100
JAKARTA, iNews.id - PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem Tbk (FUTR) akan mencatatkan (listing) perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (27/2/2023). FUTR bakal jadi emiten ke-20 di BEI tahun ini.
FUTR menggelar initial public offering (IPO) sebanyak 1,27 miliar saham atau 20 persen, dengan nilai nominal Rp10 per saham. Harga yang ditawarkan ke publik Rp100 per saham. Perusahaan telah melakukan masa penawaran umum pada 21-23 Februari 2023.
Sementara itu, FUTR juga akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 1,02 miliar Waran, di mana setiap pemegang lima saham yang ditawarkan berhak memperoleh empat Waran Seri I.
Mengutip laman e-IPO, Lini Imaji Kreasi Ekosistem merupakan emiten yang bergerak dalam bidang periklanan, aktivitas desain khusus film, video, program TV, animasi dan komik.
FUTR memiliki berbagai mitra strategis, yang meliputi perusahaan penyedia infrastruktur konektivitas, data center, content delivery network, serta perusahaan keamanan siber untuk memastikan kenyamanan para pengguna jasa layanan perseroan serta memberikan keunggulan perseroan dalam menghadapi persaingan baik di domestik maupun secara global. Hubungan dengan perusahaan keamanan siber tersebut diperoleh perseroan melalui hubungan kerja sama pemegang saham induk perseroan, yaitu Super FK dengan Group IB.
Adapun dana hasil IPO akan digunakan untuk membangun Gudang Kreativ yang merupakan jaringan pusat pelatihan kreatif. Jaringan ini akan menghasilkan insan kreatif yang terlatih dan berpengalaman untuk perusahaan lokal maupun internasional. Perusahaan memiliki prospek yang menarik di masa depan, yakni perkembangan ekonomi digital di Indonesia.
Selain itu, FUTR memiliki potensi dari bisnis iklan, di mana diperkirakan nilai dari pengeluaran iklan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura pada tahun ini secara kumulatif mencapai 18 miliar dolar AS dan pada 2024 pengeluaran iklan di wilayah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina,dan Vietnam secara kumulatif sebesar 33,4 miliar dolar AS.
Diperkirakan secara kumulatif pengeluaran iklan (advertising expenditure) di seluruh Asia Tenggara pada kurun waktu 2023 hingga 2027 mencapai 189 miliar dolar AS.
FUTR saat ini sedang mengembangkan teknologi Metaverse yang berfokus kepada peningkatan pengalaman pengguna yang menjembatani antara realitas yang dirasakan tiap hari dengan dunia virtual.
Editor: Jujuk Ernawati