LPS Turunkan Suku Bunga Penjaminan Sebesar 0,25 Persen

Muhammad Aulia ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 16:05 WIB
LPS Turunkan Suku Bunga Penjaminan Sebesar 0,25 Persen

Jajaran Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). (Foto: iNews.id/Muhammad Aulia)

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menurunkan suku bunga penjaminan sebesar 25 basis poin (bps). Dengan demikian, suku bunga penjaminan untuk bank umum menjadi 6 persen dan bank perkreditan rakyat (BPR) 8,5 persen.

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah mengatakan, tingkat bunga tersebut berlaku mulai 25 Januari-29 Mei 2020.

"Rapat Dewan Komisioner LPS pada pagi hari tadi memutuskan untuk menurunkan tingkat bunga penjaminan untuk simpanan rupiah di bank umum dan di BPR sebesar 25 bps," ujar Halim di Jakarta, Jumat (24/01/2020).

Penurunan suku bunga tersebut hanya berlaku untuk simpanan dalam bentuk rupiah. Adapun simpanan dalam bentuk valuta asing (valas) di bank umum tetap 1,75 persen.

Halim mengatakan, keputusan menurunkan suku bunga penjaminan didasarkan pada tren penurunan suku bunga perbankan, terutama simpanan. Selain itu, kondisi likuiditas terpantau stabil.

LPS, kata Halim, akan selalu memantau dan mengevaluasi perkembangan suku bunga perbankan. LPS juga membuka kemungkinan mengubah suku bunga penjaminan sesuai kondisi terakhir.

"Kami tentu akan terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan suku bunga simpanan perbankan, kondisi likuiditas keuangan, kondisi makroekonomi, dan kondisi stabilitas sistem keuangan," kata Halim.

Editor : Rahmat Fiansyah