Luhut: Program DigiKU Salurkan Modal Rp4,2 Triliun untuk 1 Juta UMKM

Aditya Pratama ยท Jumat, 17 Juli 2020 - 16:24 WIB
Luhut: Program DigiKU Salurkan Modal Rp4,2 Triliun untuk 1 Juta UMKM

Pemerintah bersama Himpunan Bank Negara (Himbara) hari ini meluncurkan program Digital Kredit UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) atau DigiKU. (Foto: YouTube/BRI)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah bersama Himpunan Bank Negara (Himbara) hari ini meluncurkan program Digital Kredit UMKM (usaha mikro kecil menengah) atau DigiKU. Adapun program ini diluncurkan untuk menyalurkan kredit kepada UMKM yang telah masuk ekosistem digital dengan bantuan modal finansial senilai Rp4,2 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengemukakan, program DigiKU adalah bentuk nyata hadirnya Himbara untuk UMKM. Sebelumnya, pemerintah telah meluncurkan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) untuk mendorong akselerasi dan perkembangan pelaku UMKM ke eksositem digital.

"Melalui inovasi program ini bantuan modal finansial senilai Rp4,2 triliun akan disalurkan bagi 1 juta UMKM yang ada dalam ekosistem digital. Angka ini saya pikir bisa kita tambah lagi sejalan dengan penyerapan yang dilakukan UMKM," ujar Luhut dalam Webinar Peluncuran DigiKU, Jumat (17/7/2020).

Luhut menambahkan, program ini akan menyelaraskan basis data mitra UMKM pada ekosistem digital berbasis data nasabah yang dimiliki Himbara. "Keselarasan data ini akan memudahkan dan mempercepat proses pengajuan dan persetujuan kredit bagi UMKM hanya dalam waktu 15 menit," katanya.

Dia menyebutkan dengan diluncurkan DigiKU dapat memberikan manfaat kepada seluruh pelaku UMKM di seluruh pelosok negeri. "Dengan demikian, peran vital UMKM sebagai penopang dan perekat ekonomi nasional dapat terus berjalan," ujar Luhut.

Editor : Dani Dahwilani