Prita Ghozie Sebut Berinvestasi Harus Punya Tujuan Keuangan

Aditya Pratama ยท Kamis, 10 September 2020 - 14:30 WIB
Prita Ghozie Sebut Berinvestasi Harus Punya Tujuan Keuangan

Financial Planner & Educator, Prita Ghozie. (Foto: Facebook/Prita Ghozie)

JAKARTA, iNews.id - Financial Planner, Prita Hapsari Ghozie menyebut sebelum berinvestasi hendaknya memiliki tujuan yang ingin dicapai. Dari situlah baru tentukan instrumen investasi.

Prita mengatakan, investasi memiliki risiko berbeda-beda yang berdampak pada besaran imbal hasil (return). Investasi saham misalnya, sangat cocok dilakukan untuk tujuan jangka panjang karena kemungkinan besar cuan.

"Kalau bukan saham, berbasis pasar uang, karena risikonya rendah. Kemudian, hasilnya lebih ada kepastian dibandingkan dengan pasar saham. Itu ada pilihan-pilihan dananya," ujar Prita katanya dalam webinar yang digelar RCTI+, Kamis (10/9/2020).

Namun, menurut Prita, setiap investasi juga sebaiknya dilakukan pada beberapa instrumen yang berbeda. Strategi diversifikasi penting supaya "tak memasukkan semua telur dalam satu keranjang".

"Ada baiknya setengah di saham setengah di pasar uang. Jadi sebetulnya kembali lagi dari profil kekuatan kita masing-masing. Pilihan itu sesuai dengan tujuan keuangan," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah