Simak Cara Karyawan Bisa Punya Uang Rp1 Miliar
JAKARTA, iNews.id - Memiliki uang Rp1 miliar bisa dilakukan oleh semua orang, tidak hanya kalangan pebisnis dan pedagang saja. Karyawan juga bisa memiliki uang dalam jumlah tersebut.
Untuk bisa punya uang Rp1 miliar, karyawan memiliki strength point atau titik kekuatan yang tidak dimiliki pebisnis atau pedagang, yaitu kepastian akan punya uang.
Praktisi dan Inspirator Investasi Indonesia, Ryan Filbert menyebut, pedagang tidak bisa yakin akan jumlah pendapatannya dalam satu hari, begitu juga pebisnis dengan ketidakpastian seperti menang tender atau pekerjaan yang sudah terdeliver dengan baik atau tidak.
"Dari uang yang secara pasti diterima karyawan dengan lebih gampang hanya mikirin seberapa kencang kita menggunakan untuk kehidupan hari ini, atau seberapa kencang kita menggunakan di masa yang akan datang. Dengan kita sudah tahu goal yang dituju, sebenernya kita tinggal hitung uang yang dibutuhkan, artinya uangnya sudah ada," ujar Ryan dikutip dari akun YouTube RF Channel, Selasa (8/2/2022).
Ryan menjabarkan setidaknya tiga cara karyawan bisa punya uang Rp1 miliar. Pertama, jangan gunakan instrumen utang untuk melakukan pembelian pertama, apalagi untuk produk jangka panjang.
"Misal, saya belum pernah punya mobil, belum pernah utang, saya tiba-tiba beli dengan cara cicil, dan rasanya 90 persen membeli mobil pertama dengan cara cicil, itu adalah salah satu hal salah," kata dia.
Dia menyebut, ketika Anda memutuskan utang untuk jangka panjang, maka Anda sudah dibelenggu untuk suatu kepastian dalam jangka waktu tertentu.
"Kalau anda berutang membeli mobil dalam empat tahun, artinya dalam empat tahun Anda harus semangat bekerja, tidak boleh PHK, kalau pindah kantor harus langsung bekerja, harus bisa naik gaji, karena mungkin tahun depan biaya sparepart dan bensin naik sehingga secara tidak sadar Anda akan keluar uang lebih banyak," ucapnya.
Kemudian, cara karyawan bisa punya uang Rp1 miliar yang kedua, menunda bukan suatu hal yang salah. Ryan menyebut, fenomena di masyarakat yang paling sulit adalah melawan perkataan dari orang sekitar dan menyebabkan menunda sesuatu jadi hal yang sulit.
"Jadi, kita ini tidak bisa menunda, menunda kesenangan adalah hal yang sulit. Kalau kita tidak bisa mengalahkan hal tersebut dengan suatu tujuan yang jelas di awal, maka kita punya presentasi di kepala kita bubar karena tekanan dari orang sekitar," tuturnya.
Lalu, cara karyawan bisa punya uang Rp1 miliar yang ketiga adalah menjalankan. Menurutnya, ketika telah mengetahui utang dan menunda lebih baik, maka menjalankan teori tersebut akan menjadi sangat sulit.
"Menjalankan itu lebih sulit. Karena biasa, kita akan kalah sama omongan 'kata orang' di luar sana," ujarnya.
Ryan juga menyampaikan teori perencanaan keuangan termudah menurutnya, di mana perencanaan dibagi ke dua bagian yaitu 50 persen untuk konsumsi dan 50 persen untuk kebutuhan investasi.
50 persen untuk kebutuhan konsumsi termasuk ke dalam biaya hidup sehari-hari hingga pembelian layanan asuransi. Sedangkan 50 persen untuk investasi tidak melulu mengenai uang bertumbuh, bisa investasi untuk menambah jaringan maupun bersedekah yang juga merupakan bagian dari investasi
Itu tadi sekilas mengenai cara karyawan bisa punya uang Rp1 miliar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Editor: Aditya Pratama