Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono Akan Dibawa ke Paripurna DPR

Rina Anggraeni ยท Senin, 13 Juli 2020 - 16:46 WIB
Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono Akan Dibawa ke Paripurna DPR

Wakil Ketua Komisi XI DPR Eriko Sotarduga Erico. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Doni Primanto Joewono terpilih secara aklamasi menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2020-2025 menggantikan Erwin Rijanto yang akan berakhir masa jabatannya pada 17 Juni 2020. Usai terpilih secara aklamasi, nama Doni akan dibawa ke rapat paripurna DPR.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Eriko Sotarduga Erico mengatakan, nama terpilih akan dikirim ke Badan Musyawarah (Bamus) untuk diumumkan secara resmi di dalam rapat Paripurna dan segera dilantik. "Keputusan ini nanti kita serahkan ke Paripurna," ujarnya di Jakarta, Senin (13/7/2020).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini mengungkapkan alasan baru terpilihnya deputi gubernur BI pada hari ini. Menurut Eriko, musyawarah rapat internal yang dilaksanakan Komisi XI berjalan alot sehingga baru diputuskan hari ini.

"Jujur saja sejak hari Rabu kami belum mendapat kesepakatan dan kami betul-betul memberikan kesempatan kepada semua partai hingga pada hari ini jam 14 ini telah diputuskan setelah konsul dengan pimpinan partai, Pak Ketua, Pak Dito menbuka rapat internal bagaimana mekanisme pemilihan," tuturnya.

Erico menyebut, dari total 14 anggota yang hadir mewakili 9 Kapoksi, masing-masing meyampaikan pendapat dan penilaiannya terhadap ketiga calon deputi gubernur BI yakni Juda Agung, Aida S. Budiman dan Doni Primanto Joewono.

Dari nama tersebut, kemudian terpilih secara aklamasi Doni Primanto Joewono menjadi Deputi Gubernur BI Periode 2020-2025. Doni terpilih karena dianggap lebih unggul dan mumpuni sebagai Deputi Gubernur BI.

"Tadi diambil kesepakatan dan diputuskan, dari 54 orang yang diwakili hadir di komisi XI, masing-masing partai disepakati dan musyawarah terpilihlah Doni P Joewono. Itu yang disepakati. Kami ucapkan selamat kepada Doni P Joewono," kata Erico.

Editor : Djibril Muhammad