XL Axiata Akuisisi 66 Persen Saham Link Net

Aditya Pratama ยท Senin, 02 Agustus 2021 - 08:32:00 WIB
XL Axiata Akuisisi 66 Persen Saham Link Net
XL Axiata akuisisi 66 persen daham Link Net

JAKARTA, iNews.id - Axiata Group Berhad melalui entitas usahanya di Indonesia, PT XL Axiata Tbk (EXCL) telah menyelesaikan negosiasi terkait akuisisi saham PT Link Net Tbk (LINK) dari PT First Media Tbk (KLBV) dan Asia Link Dewa Pte. Ltd. Jika akuisisi telah rampung dilakukan, XL dan Axiata akan menjadi pengendali baru LINK. 

Dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Link Net melaporkan pada 30 Juli 2021, KLBV, Asia Link Dewa Pte. Ltd, EXCL, dan Axiata telah menandatangani term sheet yang belum mengikat sehubungan dengan rencana penjualan dan pengalihan 1.816.735.484 saham yang mewakili sekitar 66,03 persen dari jumlah modal yang disetor dan modal ditempatkan dalam perseroan tidak termasuk saham treasury.

Adapun rincian kepemilikan sahamnya, yakni 798.969.286 saham dimiliki oleh KLBV yang mewakili 29,04 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan dan 1.017.766.198 saham dimiliki oleh Asia Link Dewa Pte. Ltd. yang mewakili 36,99 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.

Corporate Secretary XL Axiata Ranty Astari Rachman menuturkan, jika akuisisi telah selesai dilaksanakan, XL dan Axiata akan menjadi pengendali baru Link Net dan akan melaksanakan penawaran tender wajib.

"Tujuan rencana pengambilalihan adalah untuk mengembangkan usaha dan memperluas jaringan usaha serta memperkuat posisi bisnis XL dan Axiata di bidang penyediaan jasa telekomunikasi kepada para pelanggan," kata Ranty.

Sementara Corporate Secretary Link Net Johannes mengatakan, kejadian, informasi dan fakta material tersebut di atas tidak berdampak secara negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan. 

Editor : Jujuk Ernawati