3 Penumpang Positif Corona, Kemenhub Pastikan KRL Tetap Beroperasi

Aditya Pratama ยท Selasa, 05 Mei 2020 - 21:10 WIB
3 Penumpang Positif Corona, Kemenhub Pastikan KRL Tetap Beroperasi

KRL Jabodetabek. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan KRL Commuter Line akan tetap beroperasi meski ditemukan adanya penumpang rute Jakarta-Bogor yang terinfeksi virus corona. Protokol kesehatan harus tetap menjadi perhatian utama.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan, KRL saat ini menjadi moda transportasi yang digunakan masyarakat menengah ke bawah untuk bekerja, seperti petugas medis, office boy, penjaga pom bensin, dan lain-lain

"Sesuai aturan, KRL tetap boleh beroperasi namun dengan pembatasan penumpang yang ketat. KRL tidak dihentikan operasinya, karena memperhatikan penumpang-penumpang yang sangat membutuhkanya," kata Adita, Selasa (5/5/2020).

Kemenhub, kata Adita, meminta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator KRL Jabodetabek untuk tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Protokol tersebut terdapat dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 tahun 2020.

Dalam Permenhub itu, setiap penumpang harus diatur jaraknya agar tak berdekatan dengan penumpang lainnya. Caranya dengan melengkapi bangku dengan marka agar tak diduduki penumpang.

Selain itu, petugas di stasiun untuk mengecek suhu tubuh penumpang. PT KCI juga perlu menyediakan westafel lebih banyak di titik-titik yang sering dilalui penumpang KRL. Di gerbong kereta, hand sanitizer juga harus disediakan.

Editor : Rahmat Fiansyah