Ada Insentif Kendaraan dan Properti, Apindo Yakin Ekonomi Kembali Menggeliat

Antara ยท Senin, 22 Februari 2021 - 16:00:00 WIB
Ada Insentif Kendaraan dan Properti, Apindo Yakin Ekonomi Kembali Menggeliat
Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani. (Foto: Sindo)

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyambut baik kebijakan relaksasi di sektor otomotif dan properti. Langkah ini dinilai bisa menggerakkan kembali ekonomi yang tertekan akibat pandemi Covid-19.

"Tentunya sangat bagus, pasti akan menggerakkan daya beli masyarakat, sehingga perekonomian juga akan bergerak," kata Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani, Senin (22/2/2021).

Sebelumnya, pemerintah akan memberikan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil di bawah 1.500 cc. Kebijakan ini diperkuat dengan langkah Bank Indonesia (BI) yang menurunkan ketentuan uang muka menjadi 0 persen untuk kredit kendaraan dan properti.

Menurut Hariyadi, keputusan tersebut akan berdampak cukup luas karena menyasar kelompok masyarakat menengah, menengah ke bawah, dan menengah ke atas. "Mereka yang memang memiliki daya beli,” ucapnya.

Dia optimitis daya beli rumah tangga akan membaik lewat kebijakan ini, sehingg akhirnya pemulihan ekonomi nasional akan terjadi. Namun, dia juga meminta langkah itu dibarengi pengendalian pandemi.

"Ketika kasus Covid-19 semakin menurun, kebijakan bidang ekonomi yang ditetapkan akan lebih cepat diimplementasikan dan dampaknya dapat dirasakan secara maksimal," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah