Airlangga Sebut Kimia Farma Akan Produksi Obat Favipiravir untuk Pasien Covid-19

Binti Mufarida ยท Kamis, 10 September 2020 - 17:11:00 WIB
Airlangga Sebut Kimia Farma Akan Produksi Obat Favipiravir untuk Pasien Covid-19
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan produksi Favipiravir akan dilakukan BUMN farmasi Kimia Farma. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan memproduksi obat antivirus Favipiravir yang selama ini digunakan untuk mengobati pasien positif Covid-19. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan produksi Favipiravir akan dilakukan BUMN farmasi Kimia Farma.

“Yang terkait dengan Favipiravir ini kebetulan patennya sudah selesai sehingga juga akan diproduksi oleh Kimia Farma,” ungkap Airlangga dalam Konferensi Pers di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Selain itu, Airlangga juga melaporkan terkait dengan ketersediaan obat-obatan di rumah sakit maupun untuk pasien Covid-19 isolasi mandiri. Pemerintah, kata Airlangga minggu depan akan memproduksi obat antivirus yang sering digunakan seperti Tamiflu atau Oseltamivir sekitar 480 ribu.

“Kemudian terkait dengan ketersediaan obat-obatan baik untuk Rumah Sakit maupun untuk pasien isolasi mandiri. Nah, pemerintah sudah memproduksi obat antivirus seperti tamiflu atau oseltamivir, itu minggu depan bertambah hampir 480 ribu,” katanya. 

Editor : Dani M Dahwilani