Anies Minta Bantuan Luhut Atasi Banjir di Jakarta

Taufik Fajar ยท Rabu, 10 Maret 2021 - 21:03:00 WIB
Anies Minta Bantuan Luhut Atasi Banjir di Jakarta
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. (Foto: Humas Kemenko Marves)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini. Salah satu isu yang dibahas yaitu soal banjir di ibu kota.

"Gubernur Anies menyampaikan kepadanya bahwa beliau meminta dukungan pemerintah pusat terkait tiga hal yang jadi permasalahan utama Pemprov DKI, pertama pengendalian banjir, mengingat di Jakarta penyebab banjir ada 3 yaitu rob, tanggul, dan sungai," katanya dikutip dari Instagram pribadi @luhut.pandjaitan, Rabu (10/3/2021).

Menurut Luhut, persoalan banjir harus diselesaikan dari hulu hingga hilir. Mulai dari masalah bendungan, aktivasi rumah pompa, hingga drainase di Ibukota. Kemudian yang tak kalah penting penanganan sampah dan limbah.

"Jadi apabila, semua hal ini dilakukan secara beriringan, saya kira banjir di Jakarta bisa kita atasi," katanya.

Sebelum bertemu Anies, Luhut mengaku juga telah berdiskusi dengan kepala daerah lain, yakni Gubernur Jateng, Jabar, Banten, Jatim dan DIY.

"Pak Luhut, I come to you with menu of problem. Begitulah kalimat pertama yang beliau sampaikan. Saya jawab “no problem Pak, we can solve it. Asal harus terintegrasi.” Karena prinsip dan banyak pengalaman “problem solving” yang saya lakukan, termasuk dalam kaitannya dengan program-program kerja pemerintah," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah