Bahlil Bocorkan Ada Relokasi Sejumlah Perusahaan ke Indonesia

Antara ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 22:11 WIB
Bahlil Bocorkan Ada Relokasi Sejumlah Perusahaan ke Indonesia

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan ada investasi yang merupakan relokasi industri dari sejumlah negara. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan ada investasi yang merupakan relokasi industri dari sejumlah negara. Dia menyebutkan BKPM telah berkomunikasi dengan investor dan memastikan relokasi sejumlah investasi.

"Di BKPM sudah ada yang masuk, ada yang 60 persen, ada yang masih penjajakan. Tapi, data saya akan berikan saat di-announce (diumumkan) Presiden, karena yang saya kerjakan akan saya lapor ke Presiden. Habis itu akan saya sampaikan," ujarnya dalam webinar, Jumat (19/6/2020).

Bahlil menuturkan sebelumnya pada 2017-2018 tidak ada satu pun investor yang relokasi industri dari China ke Indonesia Air. Kali ini keadaannya berbeda.

"Pada 2017-2018 tidak ada satupun investor yang relokasi dari China ke Indonesia, tapi, kali ini insya Allah lebih dari satu, dua, tiga, empat, lebih, insya Allah. Tapi, tunggu Pak Presiden yang akan sampaikan. Kami harus clear-kan dulu datanya," katanya.

Sebelumnya, Indonesia tengah mengincar peluang relokasi investasi sejumlah industri dari China. Pemerintah pun siap memfasilitasi dengan menawarkan ketersediaan kawasan industri yang terintegrasi. Hingga saat ini, Indonesia telah mendirikan sebanyak 114 kawasan industri dan berencana mengembangkan 27 kawasan industri lainnya hingga akhir 2024.

Editor : Dani Dahwilani