Bandara Wamena Padat, Bandara Nop Goliat Dekai Bakal Jadi Hub Penerbangan

Rully Ramli ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 08:37 WIB
Bandara Wamena Padat, Bandara Nop Goliat Dekai Bakal Jadi Hub Penerbangan

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: Humas Kemenhub)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menjadikan Bandara Nop Goliat Dekai sebagai hub alias bandara penghubung. Alasannya, Bandara Wamena sudah sangat padat di samping lokasinya yang berada di ketinggian.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Kemenhub akan mengembangkan bandara yang berada di distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo itu. Salah satunya dengan memperpanjang landasan pacu (runway) dari 2.300 meter menjadi 2.500 meter.

"Kalau sekarang ini tengah Papua itu diwakili oleh Wamena, tapi posisi Wamena di ketinggian dan sudah overload," ujarnya, Senin (14/10/2019).

Selain itu, kata Menhub, Bandara Dekai rencananya juga akan menjadi penopang distribusi logistik di Papua. Bandara ini dinilainya ideal menjadi pusat logistik lantaran letaknya strategis, sehingga bisa dijangkau dari berbagai daerah.

"Dekai bisa dicapai dari selatan dari dua tempat, yakni dari Asmat dan dari Mappi melalui sungai, sehingga kapasitasnya besar, dari situ pola distribusi logistik ke tengah Papua menjadi lebih bagus," katanya.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura (Persero) II itu menambahkan, Kemenhub sebenarnya bisa saja mengembangkan Bandara Wamena. Namun, letaknya yang berada di ketinggian membuat biaya investasi pengembangan bandara sangat mahal. Dia memperkirakan, kebutuhan investasinya mencapai Rp1,8 triliun.

"Kalaupun akan dikembangkan, kita akan batasi sesuai dengan kemampuan. Kita tidak akan memaksakan suatu rekayasa konstruksi yang mahal. Saat ini Bandara Dekai sudah jadi dengan runway sepanjang 2.300 m," ucap Menhub.


Editor : Rahmat Fiansyah