Bangun Tol Trans Sumatra, Hutama Karya Bikin Underpass Khusus Gajah

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 05 September 2019 - 14:00 WIB
Bangun Tol Trans Sumatra, Hutama Karya Bikin Underpass Khusus Gajah

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Bintang Perbowo. (Foto: iNews.id/Isna Rifka Sri Rahayu)

JAKARTA, iNews.id - PT Hutama Karya (Persero) ditugaskan untuk membangun jalan tol Trans Sumatra sepanjang 2.765 kilometer (km). Meski begitu, perusahaan pelat merah itu berkomitmen menjaga ekosistem satwa liar di pulau Bumi Melayu.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan, jalan tol yang dibangun oleh perseroan membelah hutan lindung yang selama ini menjadi habitat hewan, termasuk gajah. Untuk itu, Hutama Karya membangun jalur terowongan (underpass) agar bisa dilintasi gajah-gajah tersebut.

"D sepanjang jalur diwajibkan di bawah itu, di underpass untuk gajah-gajah ini bisa melintas dari satu habitat ke habitat lain," ujarnya saat Ngopi BUMN di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Dia melanjutkan, terowongan ini dibangun di wilayah yang biasa dilewati hewan berbelai tersebut sehingga gajah-gajah ini nantinya tidak kebingungan mencari jalur lintasan untuk ke wilayah di seberang jalan tol. Underpass ini berada di ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Karena adanya jalan tol kalau terpotong itu dia tidak bisa lagi melintas, makanya kita di sini diwajibkan menjaga ekosistem tersebut kita bangun terowongan gajah. Gajahnya banyak sekali yang sudah melintas di situ," ucapnya.

Tol Trans Sumatra membentang dari ujung selatan ke ujung utara Sumatra ini terdiri dari 24 ruas. Dari 24 ruas, 3 ruas mengalahkan rekor tol Cipali sebagai ruas tol terpanjang di Indonesia dengan panjang 116 Km.

Ketiga ruas tol tersebut yaitu Bakauheni-Terbanggi Besar (140 Km), Terbanggi Besar-Pematang Panggang Kayu Agung sepanjang (185 Km), dan Pekanbaru-Dumai sepanjang (131 Km).


Editor : Rahmat Fiansyah