Bank Dunia Prediksi 9,6 Juta Orang Miskin Baru Muncul Gara-Gara Covid-19

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 19:52:00 WIB
Bank Dunia Prediksi 9,6 Juta Orang Miskin Baru Muncul Gara-Gara Covid-19
Kemiskinan. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Bank Dunia menyatakan, jumlah orang miskin di Indonesia bertambah akibat Covid-19. Pada 2020, angka kemiskinan diperkirakan mencapai 12,37 persen dari total penduduk Indonesia.

Ekonom Senior Bank Dunia untuk Indonesia, Ralph van Doorn mengatakan, kenaikan angka kemiskinan tak terlepas dari ekonomi yang diprediksi tak tumbuh pada tahun ini.

"Berdasarkan proyeksi Smeru (lembaga riset afiliasi Bank Dunia), jika kemiskinan berada di 9,2 persen pada September 2019, kami memperkirakan jika pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat hingga 1 persen pada tahun ini, maka tingkat kemiskinan akan naik hingga 12,37 persen," ujarnya, Selasa (2/6/2020). 

Ralph mengatakan, dengan proyeksi tersebut, maka ada kenaikan angka kemiskinan antara 2,1-3,6 persen. Dengan kata lain, akan 5,6 juta hingga 9,6 juta orang miskin baru pada tahun.

van Doorn mengatakan, pemerintah Indonesia perlu memberikan proteksi bagi kelompok miskin dan rentan miskin. Dia menyebut pemerintah telah menyadari hal ini dengan menyiapkan jaring pengaman sosial. 

"Kami kira ada beberapa inisiatif yang bagus di sini tetapi kami khawatir bahwa nilai dari dukungan dari paket tersebut terhadap setiap rumah tangga tidak mencukupi untuk menanggulangi dampak ekonomi dari wabah ini. Adapun juga kemungkinan bahwa ada sebagian rumah tangga, terutama di sektor formal yang belum dicakup oleh program sosial manapun saat ini," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Bagikan Artikel: