Bansos Karyawan Jadi Kado Ultah ke-75 RI dari Jokowi

Fadel Prayoga ยท Sabtu, 15 Agustus 2020 - 16:05 WIB
Bansos Karyawan Jadi Kado Ultah ke-75 RI dari Jokowi

Presiden Joko Widodo. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Kebijakan pemberian bantuan sosial atau subsidi gaji kepada karyawan akan diluncurkan bertepatan dengan 17 Agustus. Bantuan yang diberikan Rp600.000 per bulan selama empat bulan.

Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin menilai, penyaluran bansos tersebut akan menjadi kado indah dari Presiden Joko Widodo untuk masyarakat Indonesia.

“Presiden berpesan (bansos) harus diluncurkan bulan Agustus sebagai hadiah ulang tahun ke-75 RI,” katanya dalam diskusi FMB9 "Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit" di Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Dia menargetkan, penyaluran bansos tersebut bisa dimulai bulan ini, sehingga pada akhir Agustus, uang tersebut sudah masuk ke rekening karyawan yang didaftarkan kepada BP Jamsostek.

Budi mengungkapkan, saat ini proses pendataan selesai dilakukan. Dia menyebut, ada 15,7 juta karyawan yang akan memperoleh bantuan di tengah pandemi Covid-19.

“Sudah diidentifikasi 15,7 juta tenaga kerja formal yang terdaftar di perusahaan, bayar iuran, bisa juga outsource atau (pegawai) honorer agar bisa teridentifikasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, karyawan dengan gaji di bawah Rp5 juta akan memperoleh bansos dari pemerintah dengan total nilai Rp2,4 juta. Kebijakan tersebut diberikan untuk mendongkrak daya beli masyarakat.

Editor : Rahmat Fiansyah