Bappenas Pastikan Tak Ada Pembangunan Fisik Ibu Kota Baru selama Covid-19

Aditya Pratama ยท Kamis, 07 Mei 2020 - 08:10 WIB
Bappenas Pastikan Tak Ada Pembangunan Fisik Ibu Kota Baru selama Covid-19

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyebut tidak ada pembangunan ibu kota negara (IKN) baru selama pandemi virus corona (Covid-19). Saat ini, progres IKN di Kalimantan Timur baru sebatas kajian saja.

Suharso mengakui proyek IKN sempat menjadi isu panas di tengah pandemi. Hal yang paling banyak dibahas ialah terkait prospek kelanjutan proyek tersebut.

“Saya tegaskan, terkait hal yang lagi hot issue, yaitu IKN dilanjut apa enggak, dalam kondisi ini kita tidak ada pemikiran untuk memulai pembangunan fisik," ujar Suharso, Rabu (6/5/2020).

Dia menuturkan, saat ini terjadi kesalahpahaman mengenai kabar proyek IKN. Padahal, proyek yang berlanjut hanya sebatas kajian bukan pengerjaan atau pembangunan fisik.

Suharso menambahkan, pentingnya kajian IKN agar tetap berjalan saat ini dengan pertimbangan saat ekonomi pulih, konsep pembangunan sudah matang.

"Kajiannya tetap kita mulai dengan pertimbangan kalau terjadi recovery economy kita siap. (Saat ini) pekerjaan fisik ditinggalkan," ucap Suharso.

Editor : Rahmat Fiansyah