Belanja Masyarakat Menengah Atas Pengaruhi Pertumbuhan Konsumsi Rumah Tangga di Kuartal III 2022
JAKARTA, iNews.id - Aktivitas belanja pada kelompok masyarakat menengah atas, khususnya untuk kebutuhan tersier turut mempengaruhi pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal III 2022 sebesar 5,39 persen year-on-year (yoy). Selain karena peningkatan belanja masyarakat menengah atas, konsumsi rumah tangga meningkat berkat peningkatan mobilitas, serta daya beli kelompok masyarakat bawah yang terbantu oleh bantuan sosial dan subsidi energi.
"Ini merupakan indikasi yang baik, tentu saja kalau menengah atas itu terus meningkatkan konsumsi maka akan memberikan pengaruh besar kepada kelompok-kelompok yang lainnya," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono dalam konferensi pers pertumbuhan ekonomi kuartal III 2022 dikutip dari Antara, Senin (7/11/2022).
Margo menambahkan, konsumsi rumah tangga pada kuartal III 2022 mampu memberi distribusi sebesar 50,38 persen terhadap perekonomian, sehingga menjadi sumber pertumbuhan tertinggi ekonomi yang sebesar 5,72 persen (yoy) yaitu dengan andil 2,81 persen.
Menurut komponen pengeluaran dalam pertumbuhan ekonomi, tak hanya konsumsi rumah tangga yang berhasil tumbuh positif pada kuartal III 2022, seluruh komponen pengeluaran kecuali konsumsi pemerintah yang mengalami kontraksi.
Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang menjadi indikator investasi tumbuh 4,96 persen (yoy) dengan distribusi 28,55 persen, yang utamanya didorong oleh pertumbuhan barang modal non-bangunan dan peningkatan realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).
Sementara, pertumbuhan modal pemerintah yang menguat dibanding kuartal II 2022 yakni sebesar 3,07 persen (yoy) utamanya untuk jenis mesin dan peralatan juga menjadi faktor pendorong PMTB.
Kemudian, komponen ekspor dan impor masih mengalami pertumbuhan tinggi, yakni masing-masing 21,64 persen (yoy) dan 22,98 persen (yoy) dengan distribusi 26,23 persen dan minus 21,65 persen.
Secara keseluruhan selain konsumsi rumah tangga, PMTB menjadi sumber pertumbuhan ekonomi domestik lainnya yakni 1,57 persen, diikuti net ekspor 1,05 persen, serta komponen lainnya 0,29 persen.
Editor: Aditya Pratama