Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19, UMKM Wajib Go Digital
JAKARTA, iNews.id - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) memberikan beberapa tips untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan terjun untuk berjualan lewat digital.
Asisten Deputi Pemasaran, Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenko UKM Destry Anna Sari mengatakan, para pelaku UMKM harus bertransformasi atau berpindah ke platfom digital untuk berjualan. Pasalnya, bagi pengusaha yang tidak mau ikut atau pindah ke platfom digital akan tertinggal dari yang lainnya.
“Teknologi digital merupakan keharusan bagi pelaku UMKM dalam menjalankan aktivitas ekonomi mereka kalau tidak menggunakan teknologi digital akan bisa tertinggal untuk mendapatkan keuntungan usaha,” ujarnya dalam acara diskusi virtual, Jumat (18/12/2020).
Apalagi lanjut Destry, pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Aktivitas masyarakat di luar rumah dibatasi untuk menghindari dan mencegah penularan COvid-19.
Beberapa mereka yang masih bisa bertahan di tengah pandemi ini karena sudah beralih ke digital. Dengan begitu, target pasarnya bisa lebih luas dan juga barang dagangannya bisa tetap laku meskipun ada berbagai macam pembatasan yang dilakukan.
Hal ini menjadi sebuah langkah yang positif bagi perekonomian negara. Pasalnya, pelaku UMKM yang go digital ini bisa memperlambat jatuhnya ekonomi lebih dalam lagi dan bisa mempercepat program pemulihan ekonomi nasional pasca-Covid-19.
“Pandemi Covid-19 ini memberikan kondisi ketidakpastian kepada semua sektor usaha termasuk sektor ritel, tetapi banyak juga UMKM sektor ritel yang mampu bertransformasi hadir dalam ekosistem digital serta memunculkan inovasi dan kreatifitas dalam aktivitas usaha hadir sebagai pahlawan ekonomi yang mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional,” ucapnya.
Namun menurut Destry, dalam kasus ini juga dibutuhkan peran swasta di dalamnya. Dengan begitu, pelaku UMKM ini bisa berdampak positif bagi perekonomian dan juga bisa menjadi jawara di level nasional maupun global.
“Peran pihak swasta seperti danone dapat berkolaborasi merumuskan strategi dengan pemerintah untuk menghadirkan dampak positif secara sosial ekonomi bertahan di tengah pandemi menjadi jawara di level nasional serta kompetitif di level global,” ucapnya.
Editor: Ranto Rajagukguk