BI Jamin Cadangan Devisa RI Memadai untuk Stabilkan Nilai Tukar Rupiah

Aditya Pratama ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 16:01 WIB
BI Jamin Cadangan Devisa RI Memadai untuk Stabilkan Nilai Tukar Rupiah

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Foto: Humas BI)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) memastikan cadangan devisa cukup kuat. Posisi cadangan devisa RI yang mencapai 130 miliar dolar AS memadai untuk menstabilkan kurs rupiah.

"Kami pastikan bahwa jumlah cadangan devisa kami lebih dari cukup untuk melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam video conference, Selasa (24/3/2020).

Menurut dia, pelemahan nilai tukar rupiah hingga menembus level Rp16.000 per dolar AS disebabkan kepanikan investor soal virus Covid-19.

Oleh karena itu, kata Perry, BI terus berkoordinasi dengan pemerintah untuk menjaga kepercayaan investor.

"Bagaimana kemudian ke depan terjaga berupaya agar untuk menjaga kecukupan cadangan devisa desa dalam rangka menstabilkan nilai tukar rupiah," ucap Perry.

Pria yang berkarier di BI sejak 1992 itu terus memantau perkembangan global. Dia mengakui investor global masih panik dengan dampak virus corona, terutama di AS dan Eropa.

"Di Amerika, di Eropa juga masih terjadi kepanikan global. Tapi juga langkah-langkah di Amerika misalnya juga langkah-langkah The Fed yang terus dilakukan itu juga bisa kemudian menstabilkan," kata Perry.

Editor : Rahmat Fiansyah