BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di 3,5 Persen

Athika Rahma · Kamis, 10 Februari 2022 - 16:02:00 WIB
BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di 3,5 Persen
BI kembali tahan suku bunga acuan di 3,5 persen. (Foto: ilustrasi/Okezone) 

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate di level 3,5 persen pada Februari 2022. Keputusan ini didasarkan pada hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang dilaksanakan pada 9-10 Februari 2022.

"Keputusan ini sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar dan terkendalinya inflasi, serta upaya untuk tetap mendorong pertumbuhan ekonomi, di tengah tekanan eksternal yang meningkat," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers virtual, Kamis (10/2/2022).

Selain itu, RDG BI juga memutuskan kembali menahan suku bunga Deposit Facility berada di level 2,75 persen. Begitu juga dengan suku bunga Lending Facility bertahan di level 4,25 persen.

Dia menuturkan, BI terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dalam rangka akselerasi vaksinasi dan pembukaan sektor-sektor ekonomi, koordinasi fiskal dan moneter. 

Di samping itu, mendorong kredit/pembiayaan kepada dunia usaha pada sektor-sektor prioritas, untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda