Bujuk Singapura Tanamkan Investasi, Langkah Erick Thohir Dinilai Tepat

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 12:17:00 WIB
Bujuk Singapura Tanamkan Investasi, Langkah Erick Thohir Dinilai Tepat
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menawarkan kerja sama ekonomi dengan Singapura. Kepada otoritas Singapura, Indonesia menawarkan tiga sektor yang dapat disinergikan, yakni energi, pariwisata dan sektor keuangan.

Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menilai, aksi tersebut sangat tepat. Dia beralasan, investasi asing langsung (foreign direct investment) Singapura di Indonesia berada di urutan teratas.

Dengan begitu, tawaran kerja sama Erick kepada Singapura di sektor energi, pariwisata, dan sektor keuangan menjadi penting. "Investasi Singapura di Indonesia ada dalam urutan teratas sebagai direct foreign investment. Jadi menawarkan program kerjasama di sektor energi , turisme dan sektor finansial menjadi penting bagi Indonesia saat ini ke investor Singapura," ujar Toto saat dihubungi, Selasa (23/2/2021). 

Sektor energi di Indonesia misalnya, pemerintah sedang berfokus pada peningkatan jumlah kilang minyak dan investasi renewable energy atau energi baru terbarukan (EBT). Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) saat ini membutuhkan capital expenditure (Capex) atau belanja modal sebesar 125 miliar dolar Amerika Serikat (AS) sampai dengan 2025 untuk menggenjot program tersebut. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2