DBS: Ekonomi Indonesia Sudah Lewati Titik Terendah

Kunthi Fahmar Sandy ยท Minggu, 09 Agustus 2020 - 13:09 WIB
DBS: Ekonomi Indonesia Sudah Lewati Titik Terendah

DBS meyakini Indonesia telah melewati titik terendah karena ekonomi mulai bergerak. (Foto: ilustrasi/AFP).

JAKARTA, iNews.id - Produk Domestik Bruto (PDB) nasional pada kuartal II-2020 minus 5,32 persen. Kinerja terburuk sejak 1999 itu diyakini menjadi yang terendah selama Covid-19.

Ekonom DBS, Radhika Rao meyakini Indonesia telah melewati titik terendah karena ekonomi mulai bergerak. Hal ini seiring dengan kebijakan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mendorong adanya perbaikan pada data-data perekonomian.

Bank asal Singapura tersebut mengatakan, risiko tetap ada terutama potensi gelombang kedua (second waves) jumlah kasus positif Covid-19.

"Seperti digarisbawahi dalam catatan kami sebelumnya, penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia masih tinggi, sehingga memerlukan kewaspadaan lebih tinggi dalam menahan kurva infeksi ketika aturan dicabut," kata Radhika, Minggu (9/8/2020).

Menurutnya, penurunan dalam pada kuartal II-2020 sudah diprediksi sebelumnya. Dia menyebut, ekonomi pada kuartal IV berpotensi tumbuh positif dengan syarat angka penyebaran Covid-19 tidak melonjak tajam dan pencairan bansos bisa dilakukan dengan cepat.

"Untuk saat ini, kami mempertahankan perkiraan pertumbuhan (Indonesia) minus 1,0 persen secara tahunan untuk 2020 walaupun masih ada risiko pelemahan," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah