Dipercepat, Bansos Sembako Disalurkan Sebelum Lebaran

Dita Angga ยท Rabu, 07 April 2021 - 19:45:00 WIB
Dipercepat, Bansos Sembako Disalurkan Sebelum Lebaran
Pemerintah akan mempercepat penyaluran bantuan sosial dalam bentuk sembako. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) dalam bentuk sembako. Percepatan ini dilakukan untuk mendongkrak konsumsi rumah tangga pada kuartal II-2020 (April-Juni)

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bansos sembako rencananya diberikan sebelum Lebaran.

Penyaluran pencairan sembako dari Juni ke awal Mei selama dua bulan. Jadi ini dipercepat,” katanya di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu mengatakan bansos berupa sembako diberikan untuk berbagai program mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH) hingga Kartu Sembako.

“Penyaluran bantuan sosial kepada 20 juta keluarga penerima manfaat yaitu berupa beras sebesar 10 kg dan kemudian percepatan output daripada PKH, kartu sembako dan BLT,” ujarnya.

Airlangga mengatakan, pemerintah akan memberikan subsidi senilai Rp2 triliun kepada Bulog selam Ramadan. Dana tersebut nantinya bisa digunakan untuk membeli gabah petani sebanyak 440.000 ton.

“Dan percepatan perlindungan sosial estimasi Rp 14,12 triliun. Sehingga harapannya PDB di kuartal II bisa tumbuh positif,” ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah