Dukung Program 1 Juta Rumah, Sri Mulyani Beri Pembiayaan Rp650 Miliar ke Perumnas

Michelle Natalia ยท Sabtu, 28 November 2020 - 10:22:00 WIB
Dukung Program 1 Juta Rumah, Sri Mulyani Beri Pembiayaan Rp650 Miliar ke Perumnas
Menkeu Sri Mulyani (Foto: Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan dukungan pembiayaan kepada Perum Perumnas berupa Dana Investasi Pemerintah dalam rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp650 miliar pada 2020. Pembiayan ini dikucurkan untuk mendukung program 1 juta rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK) nomor KMK 503/KM.06/2020 tanggal 9 November 2020 telah menugaskan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Persero sebagai Pelaksana Investasi untuk melakukan analisis usulan dukungan serta monitoring dan evaluasi Investasi Pemerintah PEN kepada Perum Perumnas.

"Pada tanggal 25 November 2020, telah dilaksanakan penandatanganan perjanjian antara Kemenkeu dan PT SMF (Persero) sebagai pelaksana investasi serta perjanjian antara PT SMF sebagai pelaksana investasi dan Perum Perumnas sebagai penerima investasi dalam rangka program PEN," ujar Menkeu Sri Mulyani dalam keterangannya, Sabtu (28/11/2020).

Untuk dana dukungan Pemerintah sebesar Rp650 miliar diberikan dalam rangka reprofiling struktur keuangan perusahaan di dalam memenuhi program Satu Juta rumah bagi MBR yang terkendala akibat pandemi Covid-19.

"Investasi Pemerintah PEN ini berbentuk surat utang jangka panjang yang diterbitkan melalui penawaran terbatas Perum Perumnas Tahun 2020 dengan tenor tujuh tahun,” katanya.

Struktur dukungan sebesar Rp650 miliar tersebut berupa Rp200 miliar untuk pelunasan kewajiban dan Rp450 miliar untuk modal kerja. Pembiayaan modal kerja tersebut di antaranya pembangunan proyek-proyek landed di Parung Panjang, Pasadena Paseh, Royal Cempaka dan highrise di RSKA Pondok Cina, RSKA Tanjung Barat dan RSKA Rawa Buntu.

Pemerintah berharap dengan dukungan ini Perum Perumnas dapat lebih meningkatkan sinergi dengan para pihak dalam ekosistem perumahan nasional sehingga dapat lebih berkontribusi dan mampu meningkatkan perannya dalam industri perumahan, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan hunian yang layak bagi MBR.

"Selain itu, Perum Perumnas juga diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja perusahaan melalui sinergi, transformasi dan reposisi peran Perum Perumnas dalam ekosistem perumahan nasional sehingga tujuan Investasi Pemerintah PEN dapat tercapai," tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk