Edhy Prabowo Minta Pasar Ikan Modern Dioptimalkan untuk Wisata Kuliner

Ilma De Sabrini ยท Sabtu, 09 November 2019 - 15:09 WIB
Edhy Prabowo Minta Pasar Ikan Modern Dioptimalkan untuk Wisata Kuliner

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (kiri) dan Direktur Utama Perum Perindo Farida Mokodompit (kanan). (Foto: Humas KKP)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo meminta Perum Perikanan Indonesia (Perindo) untuk mengoptimalkan Pasar Ikan Modern (PIM). Kehadiran pasar tersebut bisa mendongkrak wisata kuliner, sehingga bisa menyerap tenaga kerja.

"Saya mau Pasar Ikan Modern itu benar-benar bermanfaat. Selain untuk mengakomodasi pasar ikan dari lapangan, juga bisa dimanfaatkan untuk kuliner,” kata Edhy, Sabtu (9/11/2019).

Politikus Partai Gerindra itu menilai, pusat kuliner (food court) yang merupakan salah satu fasilitas PIM harus selalu diperhatikan kebersihannya. Dengan begitu, PIM dapat menarik pengunjung lebih banyak.

Direktur Jenderal PDSPKP Agus Suherman mengatakan, saat ini Perindo mengelola pengelola PIM Muara Baru, Jakarta Utara. Pasar ikan yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Maret 2019 ini dan diserahkan pengelolaannya kepada Perindo per 14 Agustus 2019 melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara KKP dan Perindo.

PIM Muara Baru yang dibangun KKP ini terdiri dari 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market). Selain itu, PIM juga dilengakapi oleh fasilitas pendukung lainnya yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL), klinik, ATM, ruang pertemuan dan masjid.


Editor : Rahmat Fiansyah