Erick Thohir Dorong Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

Antara ยท Sabtu, 17 April 2021 - 19:01:00 WIB
Erick Thohir Dorong Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pemerintah melalui program Indonesia Tumbuh akan dijadikan sebagai lumbung pangan dunia baik dari sektor perikanan maupun perkebunan. Indonesia akan membuat one stop service quarantine industri perikanan di Indonesia timur yang akan bisa langsung mengekspor hasil laut ke negara internasional.

"Industri perikanan kita di Indonesia timur, yang selama ini mungkin harus transit ke daerah dan beberapa titik, kita sekarang ingin one stop. Di sana ada lab mutu, ada cold storage, bahkan penangkapan pun langsung bisa kirim ke negara tujuan," kata Erick di Jakarta, Sabtu (17/4/2021).

Di industri perkebunan, Erick mengatakan, pemerintah akan fokus meningkatkan produksi kelapa sawit Indonesia yang saat ini merupakan sebagai produsen terbesar di dunia. Menurut dia, meskipun Indonesia adalah produsen minyak sawit terbesar di dunia, namun masih memiliki kekurangan karena harga pasar kelapa sawit dunia ditentukan bukan dari Tanah Air melainkan dari pasar Malaysia maupun Rotterdam.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2