Fasilitas Terbatas, Hasil Panen Petani Kecil Susut saat Panen Raya

Aditya Pratama ยท Sabtu, 17 April 2021 - 13:08:00 WIB
Fasilitas Terbatas, Hasil Panen Petani Kecil Susut saat Panen Raya
Penyusutan hasil panen padi dinilai masih cukup tinggi pada penggilingan padi di petani kecil yang memperkecil nilai produktivitas. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Penyusutan hasil panen padi dinilai masih cukup tinggi pada penggilingan padi di petani kecil yang memperkecil nilai produktivitas. Penyusutan tersebut paling tinggi terjadi pada proses penjemuran dan penggilingan padi.

Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Sutarto Alimoeso menuturkan, kualitas gabah cenderung rendah pada saat panen raya yang sebelumnya didukung oleh curah hujan tinggi di musim hujan karena memiliki kadar air yang tinggi. "Namun dengan kapasitas mesin pengering (dryer) yang ada sangat terbatas, pada umumnya hanya dimiliki oleh penggilingan padi besar (PPB) dan sebagian penggilingan padi menengah (PPM). Penggilingan padi kecil (PPK) umumnya memanfaatkan lantai jemur, sementara itu pemanfaatan lantai jemur pada musim hujan tidak berfungsi optimal," kata Sutarto dalam keterangannya, Sabtu (17/4/2021).

Sutarto menambahkan kapasitas penggilingan padi saat ini jauh melebihi produksi gabah yaitu 182.199 unit, sehingga melebihi produksi gabah nasional atau over kapasitas sekitar 70 persen. Sebagian besar atau 94 persen di antaranya merupakan Penggilingan Padi Kecil (PPK) dengan konfigurasi mesin dan cara kerja yang kurang baik.

Penggilingan padi kecil tersebut pada umumnya memiliki keterbatasan manajemen, teknologi, peralatan, akses permodalan atau tidak bankable, dan tidak memiliki akses pasar termasuk akses ke pemerintah atau Bulog sehingga tidak beroperasi secara optimal. Sementara itu rendemen atau persentase dari berat beras yang dihasilkan dari penggilingan gabah atau padi yang digiling masih rendah yaitu rata-rata 62,28 persen. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2