Goldman Sachs Prediksi Harga Minyak Tembus 75 Dolar AS Tahun Ini

Djairan ยท Senin, 22 Februari 2021 - 19:06:00 WIB
Goldman Sachs Prediksi Harga Minyak Tembus 75 Dolar AS Tahun Ini
Goldman Sachs memperkirakan harga minyak mentah akan melesat dalam waktu dekat. (Foto: ilustrasi/AFP)

NEW YORK, iNews.id - Goldman Sachs memperkirakan harga minyak mentah akan melesat dalam waktu dekat. Permintaan yang segera pulih akan tumbuh lebih cepat daripada suplai yang ada.

Bank investasi asal AS tersebut memprediksi harga minyak Brent akan menyentuh 70 dolar AS pada kuartal II-2021 dan terus naik menjadi 75 dolar AS pada kuartal berikutnya. Saat ini, harga minyak tersebut berada di level 60 dolar AS per barel.

"Proses keseimbangan lebih cepat daripada yang diprediksi sebelumya akibat musim dingin akan diikuti pelebaran defisit suplai pada musim semi karena peningkatan produksi OPEC+ lebih lamban dari proyeksi pemulihan permintaan," kata Analis Goldman Sachs, Damien Courvalin dalam laporannya dikutip dari Bloomberg, Senin (22/2/2021).

Di tengah pandemi Covid-19, Harga minyak mentah terus merangkak naik belakangan ini setelah Arab Saudi mengurangi produksi minyak. Kenaikan ini juga didukung oleh aksi beli dari investor.

Peningkatan suplai diprediksi lebih lambat karena produksi minyak OPEC tidak akan mampu mengejar permintaan. Adapun dari non-OPEC, terutama dari Amerika Utara, tidak ada tanda-tanda untuk mendongkrak produksi minyak.

Editor : Rahmat Fiansyah