Gubernur BI Perry Warjiyo Berharap Bayar Pajak Motor dan Mobil Bisa Online pada 2020

Muhammad Aulia ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 14:47 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo Berharap Bayar Pajak Motor dan Mobil Bisa Online pada 2020

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Foto: Humas BI)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo terus mendukung elektronifikasi keuangan baik di tingkat pusat maupun daerah. Adapun salah satunya mendigitalisasi transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

"Target 2020 bagaimana kita elektronifikasi Pajak Kendaraan Bermotor," ujar Perry di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

BI baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terkait implementasi kebijakan percepatan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP).

Perry mengungkapkan pihaknya ingin agar retribusi daerah hingga pajak hotel dan restoran juga dapat terdigitalisasi tahun ini. Menurut dia, hal tersebut akan membuat sumber penerimaan daerah menjadi terkelola dengan lebih baik.

Selain itu, Perry menyatakan, saat ini pemerintah daerah baik di tingkat provinsi hingga kabupaten telah menerima gaji secara lewa rekening. Hal ini termasuk pemberian gaji di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Atas dasar tersebut, Perry menyatakan, saat ini BI tengah gencar melakukan sosialisasi dari tingkat pusat hingga di daerah terkait layanan pembayaran QRIS. Dalam hal ini, BI bekerja sama dengan para pelaku di sektor perbelanjaan hingga fintech untuk melakukan hal tersebut.

"Sekarang 2,5 juta merchant ter-register secara nasional," ujar Perry.


Editor : Ranto Rajagukguk