Harga Daging Sapi Sempat Naik, Ini Kata KPPU

Taufik Fajar · Jumat, 22 Januari 2021 - 13:23:00 WIB
Harga Daging Sapi Sempat Naik, Ini Kata KPPU
KPPU belum melakukan penelitian terhadap fenomena kenaikan harga daging sapi belakangan ini. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pedagang daging sapi mogok berjualan selama tiga hari (19-21 Januari). Penyebabnya, harga daging sapi naik dari distributor sehingga membuat mereka sulit menjual harga di atas rata-rata Rp110.000-Rp120.000 per kilogram.

Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Guntur Saragih mengatakan, KPPU belum melakukan penelitian terhadap fenomena kenaikan harga daging sapi belakangan ini.

"Selama ini kami belum sampai masuk tahap penelitian maka belum ada pelanggaran. Jadi ini masih terus kita lihat kenaikan harga daging ini. Apakah kenaikan ini karena adanya persaingan usaha atau apa," ujar Guntur di Jakarta, Jumat (22/1/2021).

Guntur enggan berspekulasi keterlibatan kartel terkait bisnis daging sapi. Selama ini, kata dia, kenaikan harga daging sapi bisa disebabkan banyak faktor mulai dari harga asalnya yang sudah mahal atau distribusi yang sulit.

"Kita pantau harga daging ini. Tapi kita belum sampai pada penelitian," ucapnya.

Pada 2016, KPPU mendenda puluhan perusahaan daging sapi yang melakukan kartel hampir Rp60 miliar. Guntur mengatakan, kenaikan harga daging sapi saat ini belum tentu sama dengan empat tahun silam.

"Kami belum bisa menyimpulkan apakah kenaikan ini karena (pelanggaran) persaingan usaha," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah